Indahnya Toleransi, Warga Lintas Agama di Kediri Gotong Royong Bersihkan Masjid

- Sabtu, 2 April 2022 | 10:30 WIB
Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, warga desa dari lintas agama membersihkan Masjid Baiturrohman. (beritajatim.com)
Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, warga desa dari lintas agama membersihkan Masjid Baiturrohman. (beritajatim.com)

AYOSURABAYA.COM-- Pemandangan yang tak biasa terjadi di Dusun Payak, Desa Tanon, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Pasalnya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, warga desa setempat membersihkan Masjid Baiturrohman, pada Jumat (1/4/2022). Tak hanya warga muslim saja melainkan warga lintas agama juga turut serta membersihkan masjid. 

 

Terlihat warga begitu antusias membersihkan masjid demi menyambut bulan Ramadhan tahun ini. Kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

Warga bergotong royong membersihkan sarana dan prasarana masjid mulai dari lantai, halaman, kaca-kaca jendela serta karpet.

Baca Juga: Terowongan Silaturahmi Simbol Toleransi Tunggu Diresmikan Presiden

Dilansir dari beritajatim.com, Sekretaris Desa Tanon, Arip Kristianto mengungkapkan kegiatan kerja bakti membersihkan tempat ibadah ini dalam rangka menyambut bulan ramadan. “Di Desa Tanon ini sebagai salah satu percontohan Kampung Pancasila, karena warga sangat menjaga kerukunan antar umat beragama,” ujar Arip.

“Dalam kegiatan ini menjelang bulan suci Ramadan, warga dari lintas agama baik beragama Hindu, Kristen, Katolik, dan umat muslim membersihkan masjid untuk persiapan salat tarawih,” papar Sekretaris Desa Tanon.

Sementara itu, Takmir Masjid Baiturrohman Jumadi mengatakan toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin sejak lama di Desa Tanon bisa menjadi contoh bagi desa atau wilayah lainnya.

“Toleransi beragama sudah bertahun-tahun khususnya di Desa Tanon itu ada kerja sama yang sifatnya betul-betul bisa sebagai contoh. Sebagai bentuk toleransi yang benar-benar bisa diterapkan. Kami juga bangga dengan adanya toleransi beragama yang juga ditunjang dengan Kampung Pancasila di mana desa juga berperan aktif, ” ucap Jumadi.

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: beritajatim.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X