Amalan Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Bisa Dicontoh Umat Muslim saat Bulan Suci Ramadhan

- Minggu, 3 April 2022 | 11:00 WIB
Amalan Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Bisa Dicontoh Umat Muslim saat Bulan Suci Ramadhan. (dok Ayobandung)
Amalan Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Bisa Dicontoh Umat Muslim saat Bulan Suci Ramadhan. (dok Ayobandung)

AYOSURABAYA.COM – Berikut amalan sunnah Nabi Muhammad SAW yang bisa dicontoh umat muslim saat bulan suci Ramadhan.

Dalam bulan suci Ramadhan, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan-amalan sunnah yang sudah diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Selain memperbanyak amalan-amalan sunnah, di bulan suci Ramadhan ini juga menjadi ladang berkah bagi umat muslim serta menjadi salah satu waktu dikabulkannya doa.

Baca Juga: Mimpi Basah saat Puasa, Boleh Dilanjutkan Asal Mandi Junub, Begini Tata Caranya

Hal ini seperti dalam riwayat Hadits Rasulullah Muhammad SAW:

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan." (HR. Al Bazaar, dari Jabir bin ‘Abdillah).

Mengerjakan amalan sunnah bulan Ramadhan tidak hanya mendatangkan pahala saja. Akan tetapi juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.

Selain itu, amalan-amalan sunnah tersebut merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW semasa beliau masih hidup. Kemudian keluarga dan para sahabat juga mengerjakan amalan sunnah tersebut.

Allah akan melipatgandakan ganjaran dari amalan yang dilakukan ummat Islam selama Ramadhan ini. Nah, ada beberapa amalan sunnah saat Ramadhan ini yang bisa dikerjakan sehari-hari sesuai anjuran Nabi:

Dilansir Suara.com, berikut amalan sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dan keluarga dan para sahabatnya bagi umat muslim di dunia:

Baca Juga: Awal Ramadhan! Ini Daftar Harga Bahan Pokok Kota Surabaya Hari Ini Minggu 3 April 2022

  1. Bersedekah

Bersedekah pada saat bulan Ramadhan, menjadi salah satu amalan sunnah bulan Ramadhan yang akan mendatangkan pahala melimpah. Pada dasarnya bersedekah dapat dilakukan tidak hanya saat Ramadhan saja. Rasulullah SAW merupakan manusia yang sangat dermawan. Saat Ramadhan tiba, kedermawanannya meningkat berkali-kali lipat. Sehingga, umat muslim sangat dianjurkan untuk bersedekah di bulan Ramadhan walau hanya dengan satu biji kurma.

  1. Iktikaf

Iktikaf atau berdiam diri di masjid dapat dilakukan oleh umat muslim ketika memasuki bulan Ramadhan. Manusia dianjurkan mengerjakan iktikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Terdapat banyak sekali pahala yang akan didapat oleh umat muslim jika mengerjakan amalan sunnah bulan Ramadhan ini.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Hantam Burnley, Manchester City Kokoh di Puncak Klasemen Geser Liverpool

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X