Simak Ini Waktu Utama Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan Menurut Imam An-Nawawi

- Jumat, 8 April 2022 | 12:48 WIB
Ilustrasi waktu utama tadarus Alquran di bulan Ramadhan. (pixabay/TayebMEZAHDIA)
Ilustrasi waktu utama tadarus Alquran di bulan Ramadhan. (pixabay/TayebMEZAHDIA)

AYOSURABAYA.COM-- Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di bulan puasa adalah tadarus Alquran.

Tadarus Alquran sendiri merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan. Sehingga banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Alquran.

Kegiatan tadarus Alquran juga akan mendapatkan pahala dari setiap huruf yang dibaca, terlebih pada bulan Ramadhan dimana segala amal akan mendapat balasan yang berlipat ganda.

Baca Juga: Doa Berkendara yang Diambil dari Ayat Alquran, Termasuk Perjalanan di Darat maupun di Laut

Selain karena berbuah pahala berlipat ganda, tadarus Alquran saat Ramadhan memiliki keutamaan tersendiri sebab bulan tersebut merupakan waktu diturunkannya Alquran untuk pertama kali.

Hal itu sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185.

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ

Artinya: "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)." (QS. Al Baqarah ayat 185).

Baca Juga: Doa Hari Keenam Ramadhan 1443 H, 8 April 2022

Melansir dari NU Online Jabar, Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menjelaskan tentang waktu utama yang dianjurkan untuk tadarus Alquran.

وأما القراءة في غير الصلاة، فأفضلها قراءة الليل، والنصف الأخير منه أفضل من الأول، والقراءة  بين المغرب والعشاء محبوبة، وأما قراءة النهار فأفضلها ماكان بعد صلاة الصبح، ولا كراهة في القراءة  في وقت من الأوقات، ولا في أوقات النهي عن الصلاة

“Adapun waktu utama baca Alquran di luar shalat ialah pada malam hari. Paruh kedua malam lebih utama dibanding paruh pertama. Disunnahkan juga membacanya ketika selang waktu maghrib dan isya. Sementara waktu siang, yang dianjurkan ialah ketika usai shalat subuh. Pada prinsipnya, kapan pun baca Alquran diperbolehkan. Tidak ada kemakruhan untuk baca Al-Quran kapan saja. Bahkan baca Alquran di waktu yang dimakruhkan shalat sekalipun tetap diperbolehkan.”

Baca Juga: Wajib Tahu, Tips Berbuka Puasa Bagi Anda Agar Lambung Tetap Aman

Dari penjelasan Imam An-Nawawi di atas dapat dipahami bahwa terdapat waktu utama membaca Al Quran baik siang maupun malam.

Ada tiga waktu utama yang dianjurkan untuk tadarus Alquran, yaitu:

1. Setelah sholat Subuh

2. Paruh kedua malam

3. Setelah sholat Maghrib menjelang Isya

Baca Juga: Hal-hal di Bawah Ini Ternyata Tidak Membatalkan Puasa Ramadhan, Apa Saja?

Ketiganya merupakan waktu yang utama untuk membaca Al Quran. Namun demikian menurut Imam An-Nawawi tidak ada waktu larangan dan makruh baca Al Quran. Jadi kapanpun waktunya diperbolehkan untuk membacanya.

Demikianlah waktu utama tadarus Alquran di bulan Ramadhan menurut Imam An-Nawawi yang dijelaskan dalam Kitab Al-Adzkar. Semoga bisa menambah khazanah keilmuan kita.

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X