Siap-siap! Pekan Depan Pemkot Surabaya Mulai Operasi Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik

- Selasa, 12 April 2022 | 00:04 WIB
ilustrasi kantong plastik (pixabay)
ilustrasi kantong plastik (pixabay)

GENTENG,AYOSURABAYA.COM– Masyarakat Kota Surabaya yang biasanya menggunakan kantong plastik untuk berbelanja harus siap-siap membawa kantong belanja sendiri mulai pekan depan.

Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mulai menerapkan aturan baru terkait pengurangan penggunaan kantong plastik di tempat-tempat perdagangan, baik tradisional maupun modern. Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Wali Kota Surabaya (Perwali) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Surabaya

Perwali ini sudah diterbitkan sejak 9 Maret 2022 dan sudah mulai berlaku sejak 9 April 2022. Sebelum pelaksanaanya, kami telah memberikan imbauan kepada pusat perbelanjaan, toko swalayan, pasar tradisional, dan restoran. Dan pekan depan kita mulai dengan pengaplikasiannya di lapangan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro. 

Bahkan, lanjutnya, aturan baru tersebut sudah mulai diberlakukan di pusat-pusat perdagangan yang berada di bawah pengelolaan PD Pasar Surya sebelum Sabtu 9 April 2022.

“Aturan baru ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Surabaya mengatasi pencemaran lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan di Kota Pahlawan. Yakni dengan mengurangi penggunaan kantong belanja plastik pada aktivitas ekonomi. Dengan harapan timbunan sampah plastik yang sulit terurai bisa ikut berkurang,” kata Hebi, panggilan akrabnya.

Dan untuk memastikan aturan tersebut benar-benar dijalankan, maka pengawasan di lapangan akan dikawal oleh Satuan Tugas (Satgas) Khusus yang dibentuk. Dimana mereka akan menggelar patroli di pusat perekonomian. 

Hebi memaparkan, Satgas Khusus tersebut terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag), serta Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) Kota Surabaya.

“Sudah kami ajukan kepada bapak Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Semoga Surat Keterangan (SK) segera selesai dan pekan depan, kami bisa melakukan operasi penerapan pengurangan penggunaan kantong plastik,” jelas dia.

Diakuinya, keberadaan Satgas Khusus tersebut akan memegang peranan penting dalam penegakan aturan pengurangan penggunaan kantong plastik. Karena dalam prakteknya di lapangan masih sering ditemui kendala.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X