Polsek Jogoroto Jombang Berhasil Gagalkan Penerbangan Balon Udara Saat Lebaran Ketupat

- Senin, 9 Mei 2022 | 13:37 WIB
Penerbangan balon udara yang berhasil digagalkan Polsek Jogoroto saat lebaran ketupat. (beritajatim.com)
Penerbangan balon udara yang berhasil digagalkan Polsek Jogoroto saat lebaran ketupat. (beritajatim.com)

AYOSURABAYA.COM-- Penerbangan balon udara berhasil digagalkan oleh Polsek Jogoroto Jombang di dua desa. Dua desa yang berhasil digagalkan petugas saat akan menerbangkan balon udara adalah Desa Mayangan dan Desa Ngumpul, Kecamatan Jogoroto.

Patroli penertiban itu sendiri dipimpin oleh Kapolsek Jogoroto AKP Darul Huda, pada Senin (9/5/2022). Pada saat itu warga sudah berkumpul di jalan desa untuk menyaksikan penerbangan balon udara.

Penerbangan balon udara ini diketahui merupakan tradisi tahunan yang dilakukan desa setempat yakni pada H+7 lebaran atau lebaran ketupat.

Baca Juga: Diduga Terlepas, Seekor Kuda Berlarian di Kenjeran Park Surabaya Jelang Kunjungan Gubernur Jawa Timur

Bahkan para warga juga sudah menyiapkan balon udara berbahan kertas. Balon tersebut hendak dibakar pada bagian bawah agar bisa terbang.

Namun belum sempat upaya tersebut dilakukan, korps berseragam coklat datang ke lokasi. Petugas kemudian meminta warga bubar. Balon udara yang hendak diterbangkan juga disita oleh polisi. Warga hanya bisa menuruti imbauan polisi. Mereka membubarkan diri.

Kapolsek Jogoroto AKP Darul Huda menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa masih adanya masuarakat yang nekat menerbangkan balon udara. Atas informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan patroli dan mendatangi lokasi. Ternyata informasi itu benar.

Baca Juga: Mengenal Joko Suranto, Sosok Tajir Melintir yang Bangun Jalan Rusak di Desa Jetis Grobogan dengan Uang Pribadi

“Kami membubarkan massa yang sudah berkumpul. Kami imbau agar penerbangan balon udara tersebut dibatalkan. Walhasil, imbauan ini dituruti masyarakat. Kami juga menyita balon udara. Penerbangan balon udara ini sangat berbahaya, makanya dilarang,” ujar Darul.

Imbauan kepada para waga untuk membatalkan penerbangan balon udara sebelumnya sudah dilakukan oleh Polsek Jogoroto melalui Bhabinkantimbmas. Menerbangkan balon udara diketahui melanggar undang-undang (UU) nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan. *** 

Halaman:

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: beritajatim.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X