Guru di Sidoarjo Tertipu Rp150 Juta Usai Dijanjikan Jadi Pegawai Negeri Sipil

- Selasa, 10 Mei 2022 | 10:31 WIB
Pegawai Negeri Sipil (Ayobogor.com/Yogi Faisal)
Pegawai Negeri Sipil (Ayobogor.com/Yogi Faisal)

AYOSURABAYA.COM-- Nasib nahas menimpa EWS (27) warga Desa Budursan, Sidoarjo, Jawa Timur pasalnya ia menjadi korban penipuan yang dijanjikan akan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di salah satu SMK negeri di Sidoarjo dengan syarat menyetor sejumlah uang.

Dilansir dari Suara.com, nominal yang harus dibayarkan EWS mencapai Rp150 juta. Pelaku diketahui berinisial M (62) warga Surabaya.

 

Kronologisnya berawal pada 2020 silam. EWS ditawari oleh M 'jalur khusus' agar diterima jadi PNS. Akhirnya EWS menyetorkan sejumlah Rp 75 juta sebagai uang muka.

Baca Juga: Beredar Foto di Media Sosial Diduga KKN di Desa Penari 2009, Ini Kata Penulis

Kemudian, M berjanji jika pada awal tahun 2021 EMW sudah menjabat dan berstatus PNS.  Namun hal itu tak kunjung terwujud, pelaku berdalih akibat pandemi Covid-19.

Meski belum menepati janjinya, pelaku masih meminta sisa uang yang belum terbayarkan. Pada pertengahan bulan November 2020, korban kembali menyerahkan sisa uang sebesar Rp 25 juta, dan bulan Maret 2021 sebesar Rp 50 juta.

Hingga awal tahun 2022, korban masih belum mendapatkan kabar baik dari pelaku. Nahasnya lagi, korban sempat dihubungi untuk ikut interview bersama Kepala BIN di Jakarta untuk dimasukkan menjadi pegawai di Pelni.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Bukan Weslen Junior dan William Akio, Persebaya Dikabarkan Negosiasi Striker Asing

Lagi-lagi korban kembali dimintai uang sebesar Rp 15 juta untuk biaya tambahannya. Sadar merasa dibodohi dan pelaku menghilang tak ada kabar, korban membawa kasusnya ke Polresta Sidoarjo.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X