Telan Biaya Besar, Pemkot Surabaya Gandeng Investor untuk Pembangunan RS Gunung Anyar

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:05 WIB
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.  (@ericahyadi_)
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (@ericahyadi_)

GENTENG,AYOSURABAYA.COM– Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal menggunakan skema kerja sama untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Gunung Anyar yang akan dibangun tahun ini. Pasalnya, APBD Kota tak akan mampu menanggung besarnya biaya yang dibutuhkan. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan kebutuhan akan RS di kawasan Surabaya Timur cukup mendesak. Sehingga tahun ini pihaknya berupaya untuk mewujudkan pembangunan RS Gunung Anyar.

Dan hal tersebut bisa terwujud dengan menggunakan skema kerja sama. Dimana pembangunanya akan dilakukan investor dan melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

Baca Juga: 48 Orang Di Jombang Keracunan Makanan, 13 Diantaranya Dilarikan ke Rumah Sakit

“Kalau pakai anggaran APBD pembangunannya tidak akan segera selesai. Padahal masyarakat sudah menunggu. Karena itu kita lakukan pembangunan tahun ini dengan investor dan KPBU,” ujarnya. 

Ia menyebut RS Gunung Anyar akan dibangun di atas lahan seluas sekitar 7.000 meter persegi dan berada di kawasan Middle East Ring Road (MERR) Gunung Anyar Surabaya. 

Perihal skema kerjasama dalam pembangunannya, Eri mengaku sudah menyampaikannya kepada DPRD Kota Surabaya dan mempersilahkan stakeholder yang ingin menjadi investor atau KPBU untuk mendukung pembangunan rumah sakit tersebut. 

Baca Juga: Makin Merebak, 1.076 Sapi di Mojokerto Terinfeksi PMK, 14 Ekor Diantaranya Mati

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu menerangkan alasan menggunakan skema pembangunan tersebut. Menurutnya, dengan menggunakan skema KPBU dan kerja sama investor, maka kemiskinan dan pengangguran juga bisa tersentuh.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X