Catat Tanggalnya! Pemkot Surabaya Bakal Gelar Kembali Festival Rujak Uleg

- Kamis, 19 Mei 2022 | 02:00 WIB
Rujak Cingur (dok. Pemkot Surabaya)
Rujak Cingur (dok. Pemkot Surabaya)

GENTENG,AYOSURABAYA.COM– Kebijakan pelonggaran yang diberikan Pemerintah Pusat memberi kesempatan sejumlah event di Kota Surabaya kembali menggeliat. Salah satunya Festival Rujak Uleg.

Festival yang digelar sebagai upaya melestarikan kuliner Kota Surabaya, rujak cingur tersebut memang sudah vakum selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19. Dan tahun ini akhirnya akan kembali digelar pada Minggu 22 Mei 2022 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, Festival Rujak Uleg tahun ini akan diikuti sekitar 780 peserta, termasuk UMKM Rujak Cingur dan makanan serta minuman.

Baca Juga: Ini Biodata dan Profil Sisca Kohl, Pacar Jess No Limit!

“Salah satu yang berbeda dari Rujak Uleg kali ini adalah digelar pada malam hari, suasananya biar lebih romantis juga,” kata  

Sebagaimana diketahui selama ini Festival Rujak Uleg memang selalu digelar pada pagi atau sore hari. 

“Yang paling penting juga kami menggelar acara Rujak Uleg pada malam hari karena kami punya konsep besar untuk juga membranding kota tua yang ada di Surabaya Utara itu, terutama di wilayah kya-kya. Jadi, wilayah itu kita akan hidupkan lagi ke depannya, sehingga Festival Rujak Uleg ini akan jadi momentum dan trigger untuk menghidupkan kembali kawasan tersebut. Apalagi di tempat itu kalau pagi dan siang sudah hidup, sehingga malamnya kita hidupkan kembali,” kata dia.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Truk Trailer Tabrak Mobil Suzuki Ertiga Akibatkan 1 Orang Tewas

Festival Rujak Uleg sendiri merupakan salah satu agenda rutin yang sebagai bagian dari rangkaian  Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) setiap tahunnya, sebagai bagian dari upaya pelestarian rujak cingur sebagai salah satu warisan budaya tak benda. Hanya saja karena Pandemi Covid-19, kegiatan yang selalu menyedot perhatian masyarakat itupun terpaksa tak digelar. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X