Rangkaian PPDB SD dan SMP di Kota Surabaya Resmi Dimulai, Ini Penjelasan Tahapan dan Cara Pendaftarannya

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:54 WIB
ilustrasi SMP (ayosurabaya.com/dok. Pemkot Surabaya)
ilustrasi SMP (ayosurabaya.com/dok. Pemkot Surabaya)

GENTENG,AYOSURABAYA.COM– Rangkaian pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Surabaya untuk jenjang SD dan SMP resmi dimulai. Meski belum membuka pendaftaran, namun saat ini Dinas Pendidikan (Dispendik) mulai melakukan tahapan validasi data bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB).

Kepala Dispendik Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan, dimulainya tahapan PPDB tersebut sesuai dengan Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 37 tahun 2022 tentang PPDB jenjang TK Negeri, SD Negeri, dan SMP Negeri yang telah diterbitkan.

Dimana didalamnya tercantum jika tahapan awal dimulai untuk jenjang SMP Negeri dengan validasi data pada tanggal 17 Mei sampai 2 Juni 2022.

Baca Juga: Kabar Gembira! CFD Jalan Tunjungan dan Darmo Bakal Kembali Digelar Besok Minggu

“Kalau untuk persiapan PPDB sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Saat ini PPDB SMPN sudah masuk pada tahap validasi data siswa,” ujarnya.

Adapun tahapan validasi ini, lanjutnya, dilakukan untuk mendapatkan PIN pendaftaran yang dilakukan melalui online di laman www.ppdb.surabaya.go.id.

“Validasi data merupakan pengecekan kebenaran data CPDB. Validasi data wajib dilakukan CPDB jenjang SMPN yang akan mendaftar jalur zonasi, jalur afirmasi kategori mitra warga, jalur perpindahan tugas orangtua dan jalur prestasi. Kecuali untuk pendaftar jalur afirmasi kategori inklusi," jelasnya.

Baca Juga: Baca Doa Ini Agar Urusan Anda Semakin Dimudahkan Allah SWT

Setelah tahapan validasi data selesai, untuk selanjutnya Dispendik Surabaya mulai melakukan uji coba pendaftaran PPDB SMPN pada tanggal 3-9 Juni 2022. Sedangkan untuk jadwal pendaftaran baik SMPN maupun SDN dimulai pada pertengahan Juni 2022.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X