Jangan Sampai Terlewat! Surabaya Vaganza Bakal Digelar Akhir Pekan Ini

- Kamis, 26 Mei 2022 | 20:06 WIB
Suasana Surabaya Vaganza tahun 2019 silam. (ayosurabaya.com/dok. Pemkot Surabaya)
Suasana Surabaya Vaganza tahun 2019 silam. (ayosurabaya.com/dok. Pemkot Surabaya)

GENTENG,AYOSURABAYA.COM– Setelah gelaran Festival Rujak Uleg yang sukses dibanjiri masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan kembali menggelar event yang juga dua tahun vakum akibat Pandemi Covid-19. 

Apalagi kalau bukan Surabaya Vaganza. Event tahunan yang biasa digelar dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729 tersebut akan dihelat  Sabtu 28 Mei 2022. Dimana khusus tahun ini rute yang diambil dimulai dari Siola Jalan Tunjungan hingga ke Alun-alun Surabaya.

“Untuk Surabaya Vaganza tahun ini akan terdiri dari pawai bunga dan pawai budaya dan digelar secara bertahap. Kalau sebelum-sebelumnya kan pawai bunga dan budaya digelar secara bersamaan dengan diatur urutannya,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya, Wiwiek Widayati

Baca Juga: Salurkan Bansos di Solo, Jokowi Harap Ekonomi Pulih Kembali

“Khusus pawai bunganya akan dimulai dari pukul 15.00 WIB, kemudian untuk pawai budayanya akan dimulai dan diberangkatkan mulai pukul 18.00 WIB,” imbuhnya.

Menurut Wiwiek, peserta pawai bunga tahun ini juga tak sebanyak tahun sebelumnya. Hanya ada 16 kendaraan pawai bunga yang akan mengikuti parade kali ini. Sedangkan untuk peserta parade budaya, ada kurang lebih 10 komunitas beranggotakan hingga ratusan orang yang mengikuti parade tersebut.

“Beberapa komunitas yang akan ikut dalam parade budaya itu adalah komunitas Papua, Tionghoa, Minang, dan beberapa komunitas lainnya,” tegasnya.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Berdekatan dengan Piala Presiden, Asprov PSSI Jatim Batalkan Piala Wali Kota 

Meski peserta tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, Wiwiek memastikan tidak akan mengurangi antusiasme Pemkot Surabaya dalam menggelar acara ini. Ia juga sangat yakin bahwa warga Kota Surabaya dan luar kota akan berbondong-bondong menyaksikan event yang sudah ditunggu-tunggu ini.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X