Ini 7 Bahan Alami Sembuhkan Gatal Pada Kulit!

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi gatal pada kulit. (pixabay/guvo59)
Ilustrasi gatal pada kulit. (pixabay/guvo59)

AYOSURABAYA.COM-- Kulit yang gatal membuat kita tidak nyaman dan ada keinginan untuk menggaruknya.

Namun, apabila kulit yang digaruk secara terus menerus tentu akan menimbulkan rasa perih dan sakit pada kulit.

Bahkan tak jarang kulit yang kita garuk akan menimbulkan terkelupas yang tentu saja memperparah kondisi pada kulit.

Baca Juga: Dubes RI di Swiss Sebut Belasan Kasus Tenggelam di Sungai Aare Swiss Terjadi Tiap Tahunnya

Dalam dunia medis gatal pada kulit ini disebut dengan pruritus. Rasa gatal yang timbul bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi dan penyakit kulit lainnya.

Jika gatal tersebut dipicu penyakit kulit atau penyakit dalam, maka harus ditangani oleh dokter. Tetapi jika tergolong ringan bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Di sekitar kita banyak bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi gatal pada kulit, namun ini sifatnya hanya sebagai pertolongan pertama. Jika sakit berlanjut sebaiknya segera periksa ke dokter.

Baca Juga: Sikap Citra Kirana Dipuji Warganet Saat Dampingi Klarifikasi Rezky Aditya

Bahan Alami untuk Atasi Gatal Kulit

Berikut ini ada 7 bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi gatal pada kulit yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kunyit

Melansir laman halodoc.com, di dalam kunyit terdapat senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat anti inflamasi dan bakterisida. Fungsinya adalah untuk mengobati radang dan gatal pada kulit.

Hasil penelitian membuktikan dari 150 orang penderita eksim yang diobati dengan krim mengandung kunyit selama 4 minggu, 30-32 persen mengalami penurunan kulit bersisik dan gatal.

Baca Juga: Simak 4 Tips Baterai Hape Awet saat Tethering Hotspot Seharian!


2. Minyak Kelapa

Di dalam minyak kelapa terkandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Senyawa aktif yang terkandung di dalam minyak kelapa mampu meredakan peradangan pada kulit. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang dapat membunuh bakteri penyebab gatal.

3. Pegagan (Centella Asiatica)

Pegagan atau Centella Asiatica juga dipercaya bisa mengobati gatal pada kulit. Mengutip laman hallosehat.com, di dalam tanaman ini terkandung anti alergi, antipruritus, dan anti peradangan yang bisa menjadi obat gatal.

Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah pegagan aman digunakan dengan cara diminum atau dioles sebagai obat gatal.

Baca Juga: 9 Tips Cegah Penuaan Dini, Jangan Sepelekan!

4. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang dikenal memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk meredakan iritasi karena kulit gatal atau kulit kering.

Lidah buaya berguna untuk melembabkan dan menjaga tingkat air di dalam kulit. Tanaman ini juga dapat merangsang pertumbuhan sel, dan mencegah agar iritasi tidak berkembang menjadi infeksi.

5. Es Batu

Saat rasa gatal menyerang cobalah kompres dengan menggunakan es batu. Caranya letakan kantong es batu yang dilapisi kain pada bagian yang terasa gatal.

Namun demikian ini sifatnya hanya pertolongan pertama untuk meringankan rasa gatal.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X