Pendaftaran PPDB SMP di Kota Surabaya Dimulai, Ini Ketentuan untuk Tiap Jalurnya

- Jumat, 10 Juni 2022 | 18:33 WIB
ilustrasi SMP (ayosurabaya.com/dok. Pemkot Surabaya)
ilustrasi SMP (ayosurabaya.com/dok. Pemkot Surabaya)

GENTENG,AYOSURABAYA.COM– Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari ini, Jumat 10 Juni 2022 hingga 25 Juni 2022. 

Dimana ada empat jalur yang bisa dipilih Calon Peserta Didik Baru (CPDB) sesuai kategori masing-masing. Yakni jalur afirmasi, baik inklusi dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), jalur perpindahan tugas orang tua, jalur prestasi serta jalur zonasi

Kepala Dispendik Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan, ada beberapa ketentuan PPDB untuk masing-masing jalur. Seperti untuk CPDB dari jalur afirmasi inklusi yang merupakan  lulusan sekolah inklusi di Surabaya, pihaknya akan menempatkan langsung berdasarkan data tempat domisili sesuai kartu keluarga (KK). 

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Kenakan Jam Tangan Setiap Saat, Salah Satunya Bisa Kram Otot

“Selain itu, untuk siswa inklusi yang belum terdaftar di sekolah inklusi bisa langsung mendaftar pada SMP Negeri penyelenggaraan inklusi terdekat secara offline. Peserta didik juga diwajibkan melampirkan surat dari psikolog yang menerangkan bahwa calon peserta didik tersebut menyandang disabilitas,” ujarnya. 

Sementara itu, untuk ketentuan PPDB jalur afirmasi mitra warga, harus berstatus MBR. Selain itu, akan tetap diberlakukan seleksi berdasarkan jarak dan apabila ada kesamaan jarak, akan diprioritaskan berdasarkan usia dan jika masih ada kesamaan usia maka menggunakan waktu pendaftaran. 

Sedangkan untuk PPDB jalur perpindahan tugas orangtua, peserta didik diminta untuk mendaftar secara online dengan melampirkan dokumen asli, seperti surat keputusan pindah tugas KK dan akta lahir serta bukti pendataan penduduk non permanen. 

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus, Scorpio dan Capricorn untuk Jumat 10 Juni 2022: Hari yang Positif

"Harus memilih satu sekolah sesuai zonasi. Seleksi berdasarkan jarak tempat tinggal, jika ada kesamaan antara sekolah dan tempat tinggal, maka diprioritaskan kepada CPBD yang mendaftar lebih awal," jelasnya. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cuaca Surabaya Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 05:44 WIB
X