Kualitas Udara di Kota Surabaya Lima Tahun Terakhir Masuk Klasifikasi Baik

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:35 WIB
Udara di Kota Surabaya masih dalam kategori baik. (ayosurabaya.com/dok Pemkot Surabaya)
Udara di Kota Surabaya masih dalam kategori baik. (ayosurabaya.com/dok Pemkot Surabaya)

GENTENG,AYOSURABAYA.COM– Kualitas udara di Kota Surabaya selama lima tahun terakhir masih dalam klasifikasi baik. Hal tersebut didasarkan pada hasil perhitungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya melalui sejumlah alat monitoring IKU yang terpasang di beberapa titik lokasi peruntukan.

Kepala DLH Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, hasil monitoring Indeks Kualitas Udara (IKU) di Kota Surabaya pada rentang Januari - Mei 2022 berada pada angka 87,0874 atau dalam klasifikasi baik (70 ≤ x < 90). 

Adapun penentuan angka status mutu udara dilakukan dengan menghitung rata-rata konsentrasi parameter SO2 (Sulfur Dioksida) dan NO2 (Nitrogen Dioksida) tahunan sesuai Permen LHK Nomor 27 Tahun 2021 tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup.

Baca Juga: Jatim Dapat Alokasi 360 Ribu Vaksin PMK, Bakal Disuntikkan untuk Hewan Kurban yang Sehat

"Hasil monitoring perhitungan IKU di Kota Surabaya pada rentang Januari-Mei 2022 sebesar 87,0874. Artinya, IKU di Kota Surabaya dalam klasifikasi baik," kata Agus.

Ia memaparkan, dalam monitoring IKU, Pemkot Surabaya melalui DLH melakukannya secara kontinyu (berkelanjutan) dan sesaat. Monitoring dilakukan menggunakan beberapa jenis alat pengukur yang ditempatkan di sejumlah titik lokasi.

Pada pemantauan kontinyu, DLH menggunakan alat pengukur analyzer yang ditempatkan di stasiun pemantau Kantor Kelurahan Kebonsari dan Kebun Bibit Wonorejo. Pemantauan di dua lokasi itu merujuk pada parameter kualitas udara (PM10, CO, NO2, SO2, dan O3), serta meteorologi (kecepatan dan arah angin, suhu, kelembaban, curah hujan serta global radiasi).

"Pemantauan pada kedua lokasi itu menghasilkan dua data. Yaitu data Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) serta data konsentrasi kualitas udara dan parameter iklim," jelas dia.

Baca Juga: Masih Berkompetisi di Piala Presiden, RANS Nusantara FC Pastikan Semua Skuad Ikut Trofeo di Malang

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X