Dinilai Sukses Bawa UMKM Naik Kelas, Program Pahlawan Ekonomi Bakal Jadi Percontohan Nasional

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:15 WIB
Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini saat menghadiri opening roadshow workshop dan bazar Pahlawan Ekonomi tahun 2022 di kawasan Jalan Ketandan Baru, Kecamatan Genteng. (ayosurabaya.com/dok. Pemkot Surabaya)
Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini saat menghadiri opening roadshow workshop dan bazar Pahlawan Ekonomi tahun 2022 di kawasan Jalan Ketandan Baru, Kecamatan Genteng. (ayosurabaya.com/dok. Pemkot Surabaya)

GENTENG,AYOSURABAYA.COM– Program Pahlawan Ekonomi (PE) Kota Surabaya bakal adaptasi sebagai program nasional untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Tanah Air.

Hal tersebut diutarakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menghadiri opening roadshow workshop dan bazar Pahlawan Ekonomi tahun 2022 di kawasan Jalan Ketandan Baru, Kecamatan Genteng.

“Saya ingin UMKM secara nasional bisa berkembang juga. Tahun ini, para Pahlawan Ekonomi dari Surabaya akan memulai menjadi mentor. Mereka akan berkeliling mengenalkan strategi menjaga bisnis UMKM secara nasional, khususnya di wilayah Indonesia Timur,” ujarnya.

Baca Juga: Masih Berpotensi Terjadi Longsor Susulan, Warga Lereng Gunung Wilis Diminta Waspada

Sebagaimana diketahui, program Pahlawan Ekonomi merupakan salah satu program yang digagas oleh Mensos Risma saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. 

Dimulai sejak 2010, para ibu rumah tangga dari keluarga miskin diberi jalan untuk mengembangkan bisnis di skala UMKM melalui pelatihan dan pendampingan komprehensif.

"Itulah yang kami mulai. Sebab, teman-teman timur ini sebenarnya punya keinginan dan pekerja keras. Sehingga, kemudian kami ajari marketing produk, branding, hingga packaging," kata Mensos. 

Lebih lanjut Mensos menuturkan Pahlawan Ekonomi digagas dengan semangat bersama mengubah nasib warga kurang mampu. Melalui pemberdayaan UMKM, warga diajarkan dalam hal produksi, pengemasan, perizinan, hingga marketing. 

Baca Juga: Kualitas Udara di Kota Surabaya Lima Tahun Terakhir Masuk Klasifikasi Baik

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X