Mensos Risma Dorong UMKM di Indonesia agar Mencontoh Program Pahlawan Ekonomi yang Sukses di Surabaya

- Minggu, 26 Juni 2022 | 03:28 WIB
Mensos Risma ketika menghadiri opening roadshow workshop dan bazar Pahlawan Ekonomi tahun 2022 di kawasan Jalan Ketandan Baru, Kecamatan Genteng, Surabaya, Sabtu, 25 Juni 2022  ((Surabaya.go.id))
Mensos Risma ketika menghadiri opening roadshow workshop dan bazar Pahlawan Ekonomi tahun 2022 di kawasan Jalan Ketandan Baru, Kecamatan Genteng, Surabaya, Sabtu, 25 Juni 2022 ((Surabaya.go.id))

AYOSURABAYA.COM – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang kerap disapa Risma, mendorong UMKM di Indonesia agar mencontoh program Pahlawan Ekonomi yang sukses di Kota Surabaya.

Pahlawan Ekonomi adalah salah satu program yang digagas oleh Mensos Risma saat ia masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya kala itu.

Dimulai sejak 2010, para ibu rumah tangga dari keluarga miskin diberi jalan untuk mengembangkan bisnis di skala UMKM melalui pelatihan dan pendampingan komprehensif.

Baca Juga: Dinilai Sukses Bawa UMKM Naik Kelas, Program Pahlawan Ekonomi Bakal Jadi Percontohan Nasional

Hasilnya, jumlah UMKM naik pesat. Di tahun pertama (2010), jumlah UMKM yang ikut pelatihan 92 UMKM. Kemudian, naik hingga mencapai 8.565 UMKM setelah 7 tahun berselang.

Melalui program ini pula, para Pahlawan Ekonomi akan mendapat pelatihan manajemen keuangan. Sehingga, uang yang digunakan tak hanya habis untuk produksi namun, bisa untuk keperluan mendesak lainnya.

Risma berkeinginan program Pahlawan Ekonomi yang sukses di Surabaya ini bisa menjadi percontohan nasional. Lewat program ini, Risma ingin UMKM secara nasional bisa berkembang juga.

Baca Juga: Pantai Puring Pacitan, Tempat Wisata Gratis yang Tidak Kalah Memikat

Tahun ini, para Pahlawan Ekonomi dari Surabaya akan memulai menjadi mentor. Mereka akan berkeliling mengenalkan strategi menjaga bisnis UMKM secara nasional, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Sumber: surabaya.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cuaca Surabaya Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 05:44 WIB
X