Polemik Pernikahan Beda Agama: Kiai Asep Sebut Boleh Saja, Simak Syaratnya!

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:12 WIB
Ilustrasi Pernikahan (Drew Coffman)
Ilustrasi Pernikahan (Drew Coffman)

AYOSURABAYA.COM – Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) memberikan respons terhadap pernikahan beda agama yang diizinkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, PN Surabaya mengesahkan pernikahan beda agama sepasang suami istri Islam dan Kristen di Surabaya lewat surat Penetapan Nomor 916/Pdt.P/2022/PN Sby.

Dilansir dari Suaramalang.id, akibat pengesahan ini sejumlah kalangan bereaksi. MUI misalnya yang mengharamkan pernikahan beda agama dan meminta PN Surabaya membatalkan keputusannya.

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim dan Muhammadiyah sama-sama berpendapat namun kontekstual dengan hukum negara.

Baca Juga: Jadwal dan Klasemen Piala Presiden 2022 Senin 27 Juni 2022

Sementara itu, elemen masyarakat lain, misalnya dari JIAD justru mengkritik MUI yang mengharamkan pernikahan beda agama.

Di sisi lain, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya akhirnya mencatatkan pernikahan keduanya setelah mendapat putusan dari PN.

Sementara itu di Tuban Jawa Timur, sejumlah santri menggugat keputusan pengadilan terkait pernikahan beda agama tersebut dengan pertimbangan hukum agama.

Sementara itu Ketua Pimpinan Pusat Pergunu Kiai Asep Saifuddin mengatakan kalau pernikahan beda agama tidak sah secara agama Islam.

Halaman:

Editor: Kukuh Tri Laksono

Sumber: Suaramalang.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cuaca Surabaya Hari Ini Jumat 12 Agustus 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 05:44 WIB
X