7 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah dalam Sekejap

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:40 WIB
maknanan yang meningkatkan kadar gula darah Cara agar gula darah normal bisa dilakukan dengan 5 cara, mulai dari olahraga hingga makan tepat waktu. (Pixabay/RitaE)
maknanan yang meningkatkan kadar gula darah Cara agar gula darah normal bisa dilakukan dengan 5 cara, mulai dari olahraga hingga makan tepat waktu. (Pixabay/RitaE)

7 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah dalam Sekejap. Maka itu kita harus berhati-hati saat makan, jangan sampai salah ya.

AYOINDONESIA.COM -- Ada beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Makanan ini tentu saja harus diwaspadai oleh penderita diabetes.

Dilansir dari Republika.co.id, pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi sangat memengaruhi kadar gula darah. Karena itu, pengidap diabetes tipe 2 perlu berhati-hati dengan menu harian. Bisa jadi makanan yang dianggap sehat ternyata malah meningkatkan kadar gula darah.

Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis yang dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi terlalu tinggi. Hal yang lebih mengkhawatirkan yakni masih banyak dari pengidapnya masih mengonsumsi makanan yang memicu kadar gula darah meningkat.

Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, meningkatkan risiko serangan jantung dan strok. Untuk mengelola diabetes dengan aman, amat penting mengetahui makanan yang berdampak negatif terhadap gula darah.

Baca Juga: Lebih Mudah dan Hemat Nonton Konser Dream Theater Bersama bank bjb

British Dietetic Association (BDA) menjelaskan, setiap kali seseorang mengonsumsi makanan atau minuman bergula atau bertepung, kadar glukosa darah dalam tubuh meningkat. Beberapa dari makanan ini cepat dicerna dan menyebabkan kenaikan cepat dan tajam dalam kadar glukosa darah.

Makanan dan minuman itu dikenal dengan istilah memiliki indeks glikemik tinggi. "Makanan dan minuman dengan indeks glikemik rendah lebih lambat dicerna, membuat glukosa darah naik lebih lambat," kata BDA dikutip dari laman Mirror, Kamis, 11 Agustus 2022.

7 Makanan yang Meningkatkan Gula Darah

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Penyakit Musim Hujan, Antisipasi Sejak Dini!

Minggu, 25 September 2022 | 12:30 WIB
X