Warna Air Sungai di Jombang Berubah Jadi Merah Kecoklatan, Warga Setempat Bingung Penyebabnya!

- Minggu, 25 September 2022 | 12:35 WIB
Warna Air Sungai di Jombang Berubah Jadi Merah Kecoklatan. (Foto: BeritaJatim.com)
Warna Air Sungai di Jombang Berubah Jadi Merah Kecoklatan. (Foto: BeritaJatim.com)

AYOSURABAYA.COM - Warna air sungai di Dusun Mojoranu, Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang Jawa Timur mendadak berubah menjadi merah kecoklatan pada Jumat 23 September 2022.

Perubahan warna air sungai itu dari yang tadinya bening menjadi merah kecoklatan, tentunya mengagetkan warga setempat.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab berubahnya warna air tersebut. Ini merupakan kali kedua.

Baca Juga: 5 Penyakit Musim Hujan, Antisipasi Sejak Dini!

Pasalnya, beberapa bulan lalu hal itu juga pernah terjadi. Bahkan air Sungai Mojoranu berubah warna menjadi merah darah.

Ahmad Basori (45), warga setempat, mengatakan, perubahan warna air itu terjadi sejak kemarin. Air yang awalnya bening, mendadak menjadi merah kecoklatan. Itu terjadi di sepanjang 1 kilometer. “Meski berubah warna, tapi tidak gatal di kulit. Saya tidak tahu apa yang menyebabkan air sungai ini berubah warna,” kata Basori seperti dilansir Suara--media jejaring AyoSurabaya.com pada Minggu, 25 September 2022..

Kepala Desa (Kades) Tanggalrejo Dimas Wahyu Ramadhana membenarkan adanya feomena tersebut. Menurut Dimas air yang berubah warna itu sepanjang 1 kilometer. Memanjang dari arah timur ke barat. Namun demikian, Dimas belum mengetahui apa penyebab perubahan warna tersebut.

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46 Solusi Pengangguran Dapat Uang, Sudah Dibuka?

Dimas juga membenarkan bahwa perubahan warna sungai Mojoranu terjadi dua kali ini. Pertama, pada beberapa bulan lalu. Saat itu air sungai menjadi merah darah.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X