Link Nonton Gratis Film Senyap: Kisah yang Mematahkan Narasi Besar G30S PKI dan Dilarang Tayang di Indonesia

- Kamis, 29 September 2022 | 18:23 WIB
Link Nonton Gratis Film Senyap: Kisah yang Mematahkan Narasi Besar G30S PKI dan Dilarang Tayang di Indonesia (Facebook.com/filmjagal)
Link Nonton Gratis Film Senyap: Kisah yang Mematahkan Narasi Besar G30S PKI dan Dilarang Tayang di Indonesia (Facebook.com/filmjagal)

AYOSURABAYA.COM -- Jika dalam tulisan Ayosurabaya sebelumnya memberikan link nonton gratis terkait film Jagal, kali ini dalam nuansa G30S PKI yang sedang berlangsung, Senyap bisa menjadi pilihan lain untuk disaksikan.

Senyap merupakan film lain yang diciptakan Joshua Oppenheimer dengan tema besar G30S PKI. Namun bukan bentuk spin-off atau lanjutan dari film sebelumnya berjudul Jagal.

Film Senyap ini mengisahkan tentang apa yang dialami oleh kerabat korban dari pembantaian pasca tragedi G30S PKI di masa itu. Melalui tema tersebut, film ini pun diputar pertama kali pada peringatan hari HAM sedunia di bulan Desember 2014.

Baca Juga: Kabar Gembira! Penerima Bansos Bisa Ikut Kartu Prakerja, Buruan Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46

Jika di dalam film Jagal, pengisahan dilakukan dari kacamata masyarakat yang terlibat dalam penumpasan kroni-kroni PKI.

Melalui penokohan yang banyak disorot di dalam film itu berupa kisah dari Anwar Congo bersama kawanannya.

Namun dalam film ini, kisah tentang tragedi G30S PKI benar-benar dibuat Joshua seakan seperti membongkar narasi besar yang sudah lama diagungkan pemerintah Orde Baru.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa keberadaan film tentang kekejaman PKI sudah bertahun-tahun dicerita dan tayangkan sejak awal pemerintahan Soeharto.

Baca Juga: Lesty Kejora Jalani Visum Usai Jadi Korban Dugaan KDRT dari Rizky Billar

Bahkan selama itu pula, tidak ada cerita lain baik dalam bentuk narasi tertulis maupun tayangan, yang mengambil sisi lain dari tragedi memilukan tersebut.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X