Eri Cahyadi Minta Orang Tua Proaktif Lihat Gejala Gagal Ginjal Akut

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 17:09 WIB
Eri Cahyadi Minta Orang Tua Proaktif Lihat Gejala Gagal Ginjal Akut (Hadi Santoso)
Eri Cahyadi Minta Orang Tua Proaktif Lihat Gejala Gagal Ginjal Akut (Hadi Santoso)

AYOSURABAYA.COM - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta orang tua di Kota Pahlawan bisa proaktif dengan penyakit gagal ginjal akut atau misterius yang kini tengah menjadi fenomena di Indonesia. 

Pemerintah Kota Surabaya pun mempercepat upaya dan langkah penanggulangan gagal ginjal akut dengan menerbitkan surat edaran melalui Dinas Kesehatan. Eri mengatakan pencegahan harus dilakukan, di mulai dari orang tua.

“Bagaimana langkah-langkah ketika ada anak yang bergejala panas terus dan berat badan turun. Gejala-gejala itulah, mereka harus segera lapor untuk diberikan pemantauan dan pengobatan dari Pemkot Surabaya,” kata Eri, lewat keterangan tertulis, Minggu, 23 Oktober 2022. 

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Dibuang? Manchester United Incar Rekan Senegaranya di Atletico Madrid

Dia mengatakan gagal ginjal akut menghebohkan publik tanah air, sehingga menjadi alarm tersendiri bagi pemerintahannya. Di samping itu, orang tua masih meremehkan demam pada anak.

Padahal di Kota Surabaya sendiri kasus gagal ginjal akut sudah dilaporkan terjadi, yang mana satu kasus tersebut berakhir dengan kematian.  

Pemkot Surabaya pun terus melakukan upaya mitigasi cluster melalui sosialisasi dan pengecekan yang dilakukan oleh puskesmas bersama Kader Surabaya Hebat (KSH) dan RT/RW.

Eri tak memungkiri bahwa ganasnya penyakit gagal ginjal akut ini bisa menyerang secara tiba-tiba dan mengakibatkan kematian pada anak.

Baca Juga: Siskaeee Mau Dijodohkan dengan Rizky Billar, Buat Obat Imajinasi Liar

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X