Daftar UMK 2023 Jawa Timur, 5 Wilayah Ini Tertinggi

- Selasa, 15 November 2022 | 10:44 WIB
Wilayah ini diperkirakan miliki UMK 2023 tertinggi di Jawa Timur. (Pixabay)
Wilayah ini diperkirakan miliki UMK 2023 tertinggi di Jawa Timur. (Pixabay)

AYOSURABAYA.COM -- Daftar UMK 2023 Jawa Timur dinantikan para pekerja atau buruh di sejumlah wilayah di Jatim, mana wilayah dengan upah minimum kota atau kabupaten tertinggi?

Sebelum tahun berganti, pengumuman UMK 2023 Jawa Timur menjadi salah satu yang wajib diketahui pekerja. Pasalnya, batas minimum upah ini akan menjadi dasar penetapan upah satu tahun mendatang.

Bocoran UMK 2023 akan mengalami kenaikan sudah diumumkan Menteri Ketenagakerjaan. Berapa prosentase kenaikan upah minimum wilayah-wilayah di Jawa Timur?

Baca Juga: Doa Awet Muda dan Panjang Umur Menurut Islam, Amalkan agar Wajah Anda Tampak Bercahaya

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 36 tahun 2022 tentang Pengupahan, UMK 2023 atau upah minimum kota atau kabupaten diumumkan setelah pengumuman UMP atau upah minimum propinsi.

Senada dengan itu, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (PHI-JSK) Kemnaker, Indah Anggoro Putri pun menyampaikan jadwal pengumuman UMP dan UMK 2023.

“Bahwa yang akan menetapkan dan mengumumkan adalah gubernur untuk UMP, diumumkan 21 November. Untuk upah minum kabupaten kota diumumkan 30 November,” ujar Indah saat konferensi pers pada 7 November 2022 lalu.

Pengumuman tersebut akan dilakukan oleh gubernur, begitu pula dengan Jawa Timur. Tentu saja, usai pengumuman baru diketahui besaran UMP dan UMK 2023 Jawa Timur.

Baca Juga: UMK 2023 Daerah Ini Setara dengan Insentif Kartu Prakerja Gelombang 48, Kapan Dibuka?

Termasuk wilayah dengan UMK 2023 tertinggi dan terendah di Jawa Timur. Adapun penetapan UMK ini ada beberapa variabel yang digunakan.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X