Bocoran UMR Jawa Timur 2023, UMK Kota Surabaya Tembus Rp5 Juta? Begini Cara Hitungnya

- Selasa, 22 November 2022 | 12:56 WIB
Ilustrasi bocoran UMR Jawa Timur, UMK Kota Surabaya 2023 jadi berapa jika UMP Jawa Timur naik 10 persen. (Pixabay)
Ilustrasi bocoran UMR Jawa Timur, UMK Kota Surabaya 2023 jadi berapa jika UMP Jawa Timur naik 10 persen. (Pixabay)

AYOSURABAYA.COM -- Berapa UMR Jawa Timur tahun 2023? Jika UMP Jawa Timur naik maksimal hingga 10 persen, UMK Kota Surabaya diperkirakan masih tertinggi di Jatim.

Upah Minimum Regional alias UMR, dalam hal ini Upah Minimum Propinsi atau UMP dan Upah Minimum Kabupaten/Kota atau UMK 2023, dipastikan mengalami kenaikan. Tak terkecuali untuk wilayah Kota Surabaya, Jawa Timur.

Sebagai ibu kota Jawa Timur yang pada industri, sudah selayaknya Kota Surabaya memegang UMK tertinggi di Jatim. Namun bagaimana pada 2023 nanti, termasuk penetapan UMP?

Baca Juga: 40 Link Twibbon Hari Guru Nasional 2022, Cocok Diunggah Di Media Sosial Instagram dan Facebook

Pemerintah telah menetapkan dan mengundangkan peraturan baru yang akan menjadi acuan penetapan UMR 2023 nanti. Acuan tersebut memuat pedoman-pedoman dalam penetapan UMP dan UMK 2023.

Peraturan yang dimaksud dikeluarkan oleh Menteri Ketenagakerjaan, yakni Permenaker Nomor 18 tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum tahun 2023.

Permenaker tersebut sekaligus menggantikan Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Sejumlah pihak mengapresiasi terbitnya Permenaker tersebut setelah PP sebelumnya dinilai tak dapat mengakomodir dampak kondisi sosial ekonomi masyarakat saat ini.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan UMP 2023 Naik Tinggi, Semua UMK Jawa Barat Bisa di Atas Rp2 Juta

Atas terbitnya Permenaker tersebut, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap dapat dilakukan penyesuaian upah sebagaimana mestinya agar dinamika masyarakat terus berlangsung.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: BPS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X