Akhir TV Analog 2 November, Ini Daftar STB yang Dapat Sertifikasi Kominfo

- Rabu, 2 November 2022 | 10:41 WIB
Daftar STB dengan sertifikasi Kominfo. (Website Kemkominfo)
Daftar STB dengan sertifikasi Kominfo. (Website Kemkominfo)

AYOSURABAYA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) akan mengakhiri siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) paling lambat hari ini tanggal 2 November 2022.

Batas paling lambat implementasi ASO itu tertuang pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Karena itu, masyarakat diminta untuk segera beralih ke TV digital.

Agar dapat tetap bisa menonton siaran TV lokal, masyarakat disarankan untuk membeli Set Top Box (STB) yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Kominfo.

Setiap perangkat televisi digital dan dekoder set top box DVBT2 yang diperdagangkan, dibuat, dirakit, dimasukan dan atau digunakan di Indonesia, diwajibkan untuk memperhatikan persyaratan teknis dan berdasarkan izin sesuai peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Update Covid-19 Indonesia Melonjak, Masuk Barisan 10 Besar Dunia

Persyaratan teknis televisi digital dan set top box diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2019 tanggal 28 Juni 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi untuk Keperluan Penyelenggaraan Televisi Siaran dan Radio Siaran.

STB yang disarankan oleh Kominfo adalah yang mendukung DVB-T2 (Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial)

Kominfo saat ini sudah mengeluarkan daftar perangkat STB yang sudah tersertifikasi dan terjamin aman untuk dipakai di Indonesia.

Lantas, apa saja daftar perangkat STB yang sudah tersertifikasi Kominfo? Simak terus!

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Fakta Game Genshin Impact, Cek Yuk!

Selasa, 29 November 2022 | 23:23 WIB
X