Bahaya dan Risiko Ganti Baterai Kunci Mobil

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 10:32 WIB
Ilustrasi kunci mobil yang mudah dibobol maling
Ilustrasi kunci mobil yang mudah dibobol maling

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Mengganti baterai pada kunci mobil atau yang juga biasa disebut keyless system ternyata mengundang bahaya yang berisiko.

Mobil baru rata-rata sudah dilengkapi dengan teknologi Selain berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu, remote keyless juga memiliki kegunaan lain sebagai alarm dan terkoneksi dengan tombol start/stop engine.

Berbeda dari kunci manual biasa, kunci cerdas bekerja mengandalkan sensor. Mobil bisa dikunci dan dibuka pintunya, hanya dengan memencet tombol atau mendekatkan kunci dengan mobil.

Baca Juga: Hikmah Kajian Surat Al-Dhuha, Doa Perbaikan Finansial

Karenanya, kunci cerdas ini sangat bergantung pada baterai. Ketika baterai kunci cerdas lemah, otomatis akan sangat mengganggu aktivitas. Gejala baterai remote lemah, paling sering dialami adalah sulit saat membuka pintu walau tombol sudah ditekan berkali-kali atau jangkauan sinyal yang tiba-tiba berkurang dari biasanya.

Untuk itu, Suparna selaku Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, menganjurkan agar pemilik mobil dengan keyless tak menunda untuk mengganti baterai bila sudah timbul gejala tadi.


“Jangan ditunda, karena efeknya itu bisa merepotkan, apalagi bila sedang dalam perjalanan jauh. Selain repot, bila baterai sampai benar-benar habis artinya mobil juga tidak aman, karena alarm tak berfungsi,” ucap Suparna dilansir dari Suara.com--jaringan Ayosurabaya.com, Minggu, (3/10/21).

Baca Juga: Malam Pertama dan Honeymoon, Aurel Hermansyah: Indah Banget

Baterai kunci cerdas mobil letaknya di bagian dalam. Untuk mengganti, otomatis harus membuka rumah atau cover dari remote, dengan cara mencungkil bagian tengah atau membuka bautnya. Walau terkesan mudah, Suparna menganjurkan pemilik mobil tidak melakukan penggantian baterai sendiri.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Merek Motor Buatan Indonesia, Jarang Dengar Kan ?

Jumat, 7 Januari 2022 | 06:48 WIB

Tips Memilih Oli Berkualitas untuk Sepeda Motor

Jumat, 5 November 2021 | 22:06 WIB

10 Tips Membeli Motor Bekas, Dijamin Awet

Selasa, 2 November 2021 | 15:00 WIB

Motor Trail Murah, Yamaha WR 155 R Tampilan Sporty

Jumat, 8 Oktober 2021 | 13:17 WIB
X