Uni Eropa Bakal Seragamkan Charger, Akankah Apple Ikut Beralih ke USB Type-C?

- Kamis, 9 Juni 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi Apple pakai USB type C. (pixabay/tranmautritam)
Ilustrasi Apple pakai USB type C. (pixabay/tranmautritam)

AYOSURABAYA.COM-- Kebijakan penyeragaman penggunaan pengisi daya atau charger tunggal telah disepakati oleh Uni Eropa untuk semua perangkat elektronik tak terkecuali pada tablet maupun kamera pada Selasa (7/6/2022).

Hal ini tentu saja akan mengikat bagi semua perusahaan teknologi untuk mengikuti aturan tersebut dan bukan tidak mungkin juga berlaku untuk Apple yang harus berpindah menggunakan USB Type-C.

Diketahui bahwa USB Type-C merupakan konektor pengisi daya atau charger yang banyak dipakai oleh ponsel Android. Sementara Apple menggunakan kabel Lightning untuk mengisi baterai

 

"Mulai musim gugur 2024, USB Type-C akan menjadi charger untuk semua ponsel, tablet dan kamera di Uni Eropa," demikian diumumkan Parlemen Eropa dilansir dari Suara.com.

Eropa yakin kebijakan ini akan lebih memudahkan pelanggan, meminimalisir sampah elektronik, dan membuat konsumen lebih hemat. Di sisi lain produsen ponsel juga kini mulai menjual ponsel tanpa perangkat charger, dengan alasan lebih ramah lingkungan.

Uni Eropa yakin bahwa aturan baru tersebut akan menghemat hingga 250 juta euro. Selain itu kebijakan ini juga akan mendorong pengembangan teknologi baru, seperti pengisian baterai nirkabel.

Hingga saat ini belum ada tanggapan resmi dari Apple mengenai kebijakan baru di Eropa tersebut. Namun kabarnya, perusahaan teknologi raksasa asal Amerika tersebut telah mengembangkan charger USB Type-C. ***

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hal-hal yang Perlu Anda ketahui Seputar WhatsApp Mod

Kamis, 29 September 2022 | 13:20 WIB

WA GB APK Pro 2022 GB Whatsapp Terbaik, Download di Sini

Kamis, 29 September 2022 | 12:25 WIB

4 Tanda Akun Diretas Hacker, Cepat Lakukan Hal Ini!

Rabu, 28 September 2022 | 08:13 WIB

Y2mate : Download Video Youtube ke MP3 Gratis Terlengkap

Selasa, 27 September 2022 | 09:32 WIB
X