Ketentuan dan Waktu Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2022 Dilengkapi Hadits

- Minggu, 3 Juli 2022 | 20:14 WIB
Ketentuan dan waktu pelaksanaan kurban Idul Adha (2022) dilengkapi hadits (Pixabay)
Ketentuan dan waktu pelaksanaan kurban Idul Adha (2022) dilengkapi hadits (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM -- Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang istimewa. Salah satunya adalah hari raya Idul Adha (2022) atau hari raya kurban atau juga biasa disebut hari raya haji.

Hari raya Idul Adha (2022), di dalamnya disyariatkan untuk menyembelih hewan kurban. Lantas bagaimana ketentuan dan waktu pelaksanaan kurban?

Perintah menyembelih hewan kurban pertama kali disyariatkan kepada Nabi Ibrahim as untuk menyembelih putranya yang bernama Ismail.

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat Tentang Akhlak yang Menyentuh Hati Edisi Terbaru Juli 2022

Nabi Ibrahim as dengan penuh ketaatan melaksanakan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. Begitu pula dengan Ismail yang berserah diri mempersilahkan menyembelih dirinya. Momen inilah kemudian yang melatarbelakangi penyembelihan kurba hari raya Idul Adha (2022).

Atas ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan putranya, ketika pisau hendak menyentuh kulit Ismail, Allah Subhanahu wa ta'ala kemudian menggantinya dengan seekor domba, sehingga putranya selamat.

Peristiwa itulah yang menjadi dasar disyariatkannya ibadah kurban yang diteruskan oleh umat Nabi Muhammad SAW hingga saat ini.

Baca Juga: Makin Kacau! Militer Ukraina Disinyalir Mencoba Provokasi Belarusia Melalui Serangan Rudal

Ketentuan Kurban Idul Adha (2022)

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

30 Twibbon 17 Agustus 2022, Gratis dan Keren Terbaru!

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X