Kisah Karomah Kyai Hamid Pasuruan, Konon Tiap Tahun Ia Pergi ke Bagdad Tanpa Diketahui Orang di Sekitarnya

- Senin, 8 Agustus 2022 | 21:13 WIB
KH Abdul Hamid Pasuruan. ( Foto: NOJ/KI)
KH Abdul Hamid Pasuruan. ( Foto: NOJ/KI)

AYOSURABAYA.COM - Kisah karomah kyai Hamid Pasuruan, merupakan cerita yang akrab ditelinga masyarakat di Pasuruan Jawa Timur.

Ulama tersebut, diyakini memiliki segudang karomah yang sangat terkenal di Pasuruan.

Salah satu karomah kyai Hamid Pasuruan yang sering diceritakan pada santri-santri di Jawa Timur, yakni konon tiap tahun ia pergi ke Bagdad tanpa diketahui orang-orang disekitarnya.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Tentang Sholat Edisi Bulan Muharram Agustus 2022

Dilansir AyoSurabaya.com dari laman Nu Online pada Senin, 8 Agustus 2022, kisah karomah Kyai Hamid Pasuruan ini bermula dari kejadian yang dialami langsung oleh Kiai Masyhudi, Sanan Kulon, Blitar, yang diceritakan sekitar tahun 2007 hingga 2008 sebelum wafat.

Sebelumnya, kisah ini tidak pernah diceritakan ke siapa pun, hal itu atas permintaan Kiai Hamid sendiri ketika masih hidup.

Alkisah, di awal tahun 80-an Kiai Masyhudi melaksanakan ibadah haji. Pada saat shalat Jumat di Masjidil Haram, tanpa sengaja berkenalan dengan seorang syekh dari Bagdad yang bernama Syekh Hasan. Mengingat keduanya memang alim dan fasih, perkenalan berbincangan menjadi akrab diliputi kehangatan dalam bahasa Arab.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Religi Makam Wali Songo di Pulau Jawa, 5 Berada di Jatim

Kejanggalan terjadi saat Kiai Masyhudi mengenalkan dirinya berasal dari Jawa Timur, Syekh Hasan bertanya -jika di Indonesiakan percakapanya - kurang lebih begini: ”Apakah Anda kenal dengan Kiai Abdul Hamid Pasuruan?”

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kelebihan YOWhatsapp Versi Terbaru 2023

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:52 WIB
X