Keutamaan Puasa Senin Kamis, Amalan Penghapus Dosa dan Pembuka Pintu Surga

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:02 WIB
Keutamaan Puasa Senin Kamis, Amalan Penghapus Dosa dan Pembuka Pintu Surga. (Konevi/Pixabay)
Keutamaan Puasa Senin Kamis, Amalan Penghapus Dosa dan Pembuka Pintu Surga. (Konevi/Pixabay)

AYOSURABAYA.COM - Amalan puasa Senin Kamis merupakan jenis puasa sunnah yang dikerjakan setiap hari Senin dan Kamis. Salah satu keutamaan dari amalan tersebut bisa menghapuskan dosa.

Mengerjakan secara rutin puasa ini dalam kurun waktu lama memiliki banyak fadhilah, baik untuk spiritual maupun kesehatan fisik. Secara spiritual terdapat hadits yang mengatakan bahwa puasa Senin Kamis adalah amalan penghapus dosa.

Selain itu, secara kesehatan fisik puasa Senin Kamis juga bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya karena aktivitas puasa bisa membantu beberapa organ tubuh beristirahat dari aktivitasnya, misalnya bagian lambung.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh : Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Adapun dalil yang menganjurkan muslim untuk melaksanakan puasa jenis ini, seperti yang diriwayatkan Aisyah.

Disampaikan dari 'Aisyah ra bahwa "Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis." (HR An-Nasai dan Ibnu Majah)

Sedangkan keutamaan puasa Senin Kamis dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikitpun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya, nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai." (HR Muslim)

Merangkum dari Suara.com dan Muslim.or.id berikut ini sejumlah keutamaan mengerjakan puasa Senin Kamis.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kelebihan YOWhatsapp Versi Terbaru 2023

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:52 WIB
X