Larangan Rebo Wekasan Mulai Larangan Berhubungan Intim Hingga Bepergian

- Selasa, 20 September 2022 | 21:40 WIB
Larangan Rebo Wekasan, mulai larangan berhubungan intim hingga larangan bepergian. (Pixabay)
Larangan Rebo Wekasan, mulai larangan berhubungan intim hingga larangan bepergian. (Pixabay)

AYOSURABAYA.COM -- Terdapat larangan saat Rebo Wekasan, apa saja? Mulai larangan berhubungan intim hingga larangan bepergian atau keluar rumah.

Rebo Wekasan merupakan peringatan hari Rabu terakhir Bulan Safar dalam kalender Islam. Sementara, Bulan Safar adalah bulan kedua dalam penanggalan Hijriah.

Rebo Wekasan disebut juga Rebo pamungkas diperingati dengan sejumlah tradisi di masyarakat. Anggapan mengenai bulan sial, membuat masyarakat melakukan ritual yang dianggap bisa menghindarkan diri dari bencana dan musibah.

Tahun ini, Rebi Wekasan jatuh pada Rabu, 21 September 2022 besok. Setiap tahun pada malam Rabu Sulan Safar, ada tradisi yang telah dilakukan turun temurun. 

Baca Juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Sunnah Lidaf'il Bala saat Malam Rebo Wekasan untuk Menolak Bala

Meski masing-masing daerah berbeda cara, pada intinya tradisi ini bertujuan untuk memohon perlindungan dan keselamatan kepada Tuhan.

Tradisi perayaan Rebo Wekasan dikatakan merupakan budaya yang diperkenalkan pada masa Wali Songo saat penyebaran agama Islam.

Anjuran memperbanyak doa dan dzikir saat Rebo Wekasan pun merebak. Seiring waktu, peringatan ini pun diwujudkan dengan ritual-ritual seperti selametan dalam masyarakat Jawa.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Hajat Rebo Wekasan Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

Selametan bisa digelar di pemukiman atau disejumlah lokasi sakral. Bahkan, di beberapa wilayah di Indonesia, tradisi peringatan Rebo Wekasan dilakukan di sekitar pantai.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: AyoSurabaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kelebihan YOWhatsapp Versi Terbaru 2023

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:52 WIB
X