Meta dan Google Bakal PHK Karyawan, Kenapa?

- Kamis, 22 September 2022 | 13:26 WIB
Ilustrasi Google.  (Christian Wiediger on Unsplash)
Ilustrasi Google. (Christian Wiediger on Unsplash)

AYOSURABAYA.COM -- Perusahaan induk Facebook Meta dan Google Alphabet dilaporkan akan memangkas stafnya. Hal tersebut terjadi karena mereka ingin menghemat biaya di tengah pertumbuhan yang melambat. 

Dilansir dari Republika.co.id, The Wall Street Journal melaporkan Meta ingin memangkas biayanya setidaknya 10 persen dalam beberapa bulan ke depan.

Para eksekutif meta belum menggunakan istilah PHK, tetapi mereka mencoba untuk memangkas staf dengan mengatur ulang departemen dan memberi pekerja sejumlah waktu untuk melamar peran lain dalam perusahaan. Google juga mengharuskan beberapa karyawan untuk melamar peran baru.

Upaya Meta dan Google untuk memangkas biaya menunjukkan kondisi perusahaan yang menghasilkan uang melalui penjualan iklan bersiap menghadapi penurunan ekonomi. Sampai sekarang masih bleum jelas jumlah karyawan yang terkena dampak. 

Juru bicara Meta Dave Arnold menunjuk pada pernyataan yang dibuat para eksekutif selama panggilan pendapatan perusahaan pada bulan Juli. Pada saat itu, CEO Meta Mark Zuckerberg, mengatakan, perusahaan berencana terus mengurangi pertumbuhan jumlah karyawan selama tahun depan.

Meta juga telah mengurangi panduan pengeluarannya sejak kuartal ketiga tahun lalu. Raksasa media sosial ini telah banyak berinvestasi dalam virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) sebagai bagian dari ambisinya untuk menciptakan metaverse. Per 30 Juni, Meta memiliki 83.553 karyawan.

Kepala Eksekutif Alphabet Sundar Pichai dilaporkan mengatakan kepada karyawan Google pada bulan Juli bahwa perusahaan akan memperlambat perekrutan untuk sisa tahun ini dan mendesak karyawan untuk menjadi lebih berwirausaha.

Baca Juga: Y2mate: Download Video YouTube dan Konversi Jadi Lagu MP3 dengan Mudah, Begini Lho Caranya Rek!

Baca Juga: Main Medsos Berlebihan Bisa Bikin Kesehatan Mental Makin Buruk

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Rekomendasi Jenis Case Handphone yang Aman Digunakan

Sabtu, 24 September 2022 | 17:30 WIB
X