Hindari 3 Daftar Makanan Ini yang Jadi Penyebab Darah Tinggi

- Jumat, 18 Maret 2022 | 09:06 WIB
Ilustrasi makanan penyebab darah tinggi yang sebaiknya dihindari. (pexels)
Ilustrasi makanan penyebab darah tinggi yang sebaiknya dihindari. (pexels)
AYOSURABAYA.COM-- Darah tinggi disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi setiap harinya.
 
Oleh karena itu penting untuk menjaga dan mengontrol pola makan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.
 
Menurut pakar kesehatan dunia, ada 3 makanan penyebab darah tinggi yang sebaiknya dihindari.
 
Mengutip ayoindonesia.com dari laman Eat This, terdapat sejumlah fakta yang mengejutkan, bahwa ternyata ada lebih dari 70 persen natrium yang kita konsumsi berasal dari makanan olahan, makanan kemasan, dan dari makanan restoran yang ikut andil menjadi penyebab darah tinggi Anda meningkat, hal tersebut berdasarkan fakta dari American Heart Association (AHA).
 
 
Untuk itulah hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika ingin mengontrol tekanan darah tinggi Anda, yaitu dengan menghindari makanan paling asin, baik itu di supermarket maupun di restoran.
 
Lalu jenis makanan apa yang menyebabkan hipertensi?
 
American Heart Association (AHA) telah membuat beberapa list makanan penyebab darah tinggi yang wajib untuk dihindari demi kesehatan kardiovaskular Anda.
 
 
Daftar 3 Makanan Penyebab Darah Tinggi:
 
1.Pizza
 
Makanan ini sangat digandrungi di era modern, namun faktanya makanan yang masuk ke dalam perut Anda ini termasuk yang paling asin.
 
Pizza akan menjadi semakin asin rasanya setelah ditambahkan semua topping seperti pepperoni, keju extra, jamur kalengan dan sebagainya, yang pada akhirnya menjadi penyebab darah tinggi Anda meningkat.
 
2.Sandwich dan Makanan Fast Food
 
Sebagian besar makanan yang berupa sandwich, hamburger, sandwich ayam, dan bahkan bungkus sayuran, kesemuanya sarat dengan garam yang menjadi penyebab darah tinggi Anda meningkat.
 
Itulah pentingnya mengapa Anda perlu membuat daftar menu masakan sehari-hari di rumah, karena sebagian besar garam dalam makanan yang kita konsumsi tersebut berasal dari makanan restoran.
 
 
3.Olahan Daging yang Diawetkan, seperti Frozen Food
 
Cara paling efektif untuk mengurangi asupan garam atau natrium yang menjadi penyebab darah tinggi Anda berikutnya, yaitu dengan mengurangi makanan berupa olahan daging yang diawetkan seperti sosis dan frozen food lainnya.
 
Sebagai gantinya, pilihlah daging yang tidak diawetkan dan potongan daging dingin rendah sodium atau daging segar seperti ayam panggang.
 
Ahli gizi dari Consumer Reports menganalisis kandungan garam atau natrium dari 124 daging kemasan dan membandingkannya dengan porsi daging segar yang berukuran sama, mereka menemukan bahwa daging kemasan rata-rata mengandung 11 kali natrium dari daging segar.
 
Demikian informasi mengenai 3 daftar makanan penyebab darah tinggi yang sebaiknya Anda dihindari demi kesehatan kardiovaskular Anda. ***
 
 

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: ayoindonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X