5 Gejala Penyakit Asam Lambung yang Perlu Anda Ketahui

- Selasa, 22 Maret 2022 | 16:18 WIB
Ilustrasi gejala penyakit asam lambung. (pixabay/nastya_gepp)
Ilustrasi gejala penyakit asam lambung. (pixabay/nastya_gepp)

AYOSURABAYA.COM-- Penyakit asam lambung adalah salah satu masalah kesehatan yang dialami banyak orang.

Penyakit ini biasanya disebabkan adanya asam lambung yang naik dari perut ke kerongkongan.

Gejala asam lambung yang dialami oleh setiap orang beragam. Namun, gejala-gejala ini tentunya patut diwaspadai dan sebaiknya segera diatangani oleh dokter agar tak menimbulkan masalah kesehatan yang berkepanjangan.

 

Berikut lima gejala penyakit asam lambung yang perlu Anda ketahui agar dapat ditangani dokter segera:

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Salah Satunya Menambah Stamina Tubuh

  1. Nyeri Dada

Rasa nyeri pada dada yang terjadi secara tiba-tiba dan disertai gejala lain perlu segera mendapat penanganan. Contohnya seperti nyeri pada dada yang disertai nyeri rahang, leher, lengan, atau kaki, sesak napas, denyut nadi tidak teratur, hingga berkeringat. Dalam beberapa kasus, gejala nyeri dada tersebut dapat berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa jam.

  1. Kesulitan Menelan

Merasa seperti tersedak atau tidak dapat menelan makanan adalah gejala abnormal yang sering menyertai refluks asam yang parah. Jika kamu tidak bisa menelan makanan ke kerongkongan atau merasa seperti tersedak saat makan, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter. Sebab, gejala ini mungkin menunjukkan bahwa terjadi kerusakan pada kerongkongan akibat pengaruh penyakit asam lambung.

Baca Juga: 6 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan Khususnya di Bulan Ramadan

  1. Merasakan Nyeri Pada Perut

Penyakit asam lambung ringan biasanya terjadi di tempat yang sama setiap ada peningkatan gejalanya. Namun, jika rasa sakit bergerak di sekitar perut, maka kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab, gejala tersebut bisa mengindikasikan bahwa terjadi perdarahan atau ulkus pada usus atau perut.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X