Melihat Foto Pria Tampan Bermanfaat bagi Kesehatan Otak

- Senin, 27 Juni 2022 | 20:34 WIB
Anggota BTS yang Memiliki Wajah Tampan (Instagram/BTS)
Anggota BTS yang Memiliki Wajah Tampan (Instagram/BTS)

AYOSURABAYA.COM – Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Evolutionary Psychology, melansir Pacific Standard, menunjukkan bahwa melihat foto pria tampan dapat menstimulus kinerja dan kesehatan otak.

Hal itu dapat dibuktikan dengan dua eksperimen yang dilakukan oleh East Carolina University yang dipimpin psikolog Michael Baker. Tujuan dari eksperimen tersebut adalah untuk mengetahui pengaruh melihat foto lawan jenis yang menarik terhadap otak.

Eksperimen yang pertama, Baker dan rekan-rekannya meneliti 58 mahasiswa psikolog yang dipilih secara acak yang ditugaskan untuk melihat 10 foto lawan jenis selama 7 detik.

Setengah dari partisipan diminta untuk melihat foto wajah yang menarik, setengahnya lagi diminta untuk melihat foto wajah yang biasa saja.

Peserta lalu diberikan sebuah cerita dan kemudian mereka diuji dengan enam pertanyaan terkait cerita tersebut sebagai acuan mengukur kemampuan fungsi otak.

Hasilnya, peserta yang melihat foto wajah yang menarik dapat mengingat lebih banyak dan lebih detail dibandingkan dengan peserta yang melihat foto wajah yang biasa saja.

Secara khusus, penelitian ini mendapati pria lebih signifikan terpengaruh wajah cantik jika dibandingkan dengan wanita yang melihat wajah tampan.

Para pria cenderung mengingat lebih detail, sedangkan ingatan wanita tidak terpengaruhi secara signifikan oleh wajah pria tampan.

Dalam eksperimen kedua, peneliti menganalisis 123 mahasiswa menggunakan metode penelitian yang hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja lebih kompleks dan urutannya berbeda.

Halaman:

Editor: Kukuh Tri Laksono

Sumber: Pasific Standard

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Madu?

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Link Trailer Film Mumun, Pemeran Pocong Acha Septriasa

Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:01 WIB
X