Arwah Orang Meninggal Bisa Tahu Amal Perbuatan Keluarganya yang Masih Hidup

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:17 WIB
Ilustrasi Arwah Orang Meninggal/ Pixabay
Ilustrasi Arwah Orang Meninggal/ Pixabay

AYOSURABAYA.COM – Sebagian orang meyakini bahwa arwah orang yang sudah meninggal bisa mengetahui perbuatan keluarganya yang masih hidup.

Sehingga kita sering mendengar nasehat “kasian orang tua yang sudah meninggal, nanti di alam kubur akan merasa sedih.” Apakah benar orang tua bisa mengetahui perbuatan anak-anaknya yang masih hidup?

Orang-orang yang sudah meninggal itu bisa mengetahui amal perbuatan orang-orang yang masih hidup di dunia, khususnya keluarga dan kerabatnya.

Jika amal yang ditampakkan tersebut baik maka keluarga yang di alam barzakh tersebut gembira, akan tetapi jika buruk mereka berdoa agar Allah memberi Ilham dan petunjuk kepada mereka sampai betul-betul mendapat hidayah.

Baca Juga: Rasulullah Secara Khusus Doakan Umatnya di Pagi Hari yang Lakukan Ini

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya amal-amal kalian akan ditampakkan kepada keluarga dan kerabat kalian yang telah meninggal dunia, bila amalan baik mereka bergembira dengannya, bila sebaliknya maka mereka  berkata: Ya Allah, jangan matikan mereka sampai engkau berikan Hidayah pada mereka sebagaimana engkau telah memberi hidayah kepada kami,” (HR. Ahmad)

Bahkan jenazah di alam kubur bisa mendengar dari orang-orang yang masih hidup, maka jangan mengira orang meninggal itu terputus sama sekali dengan dunia

Bukti yang menguatkan bahwa jenazah di dalam kuburan bisa mendengar orang yang masih hidup adalah ketika Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan salam ketika masuk ke wilayah kuburan.

Baca Juga: 10 Hal yang Membuat Orang Tua Durhaka Kepada Anak Menurut Almarhum Syekh Ali Jaber

Halaman:

Editor: Kukuh Tri Laksono

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Madu?

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Link Trailer Film Mumun, Pemeran Pocong Acha Septriasa

Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:01 WIB
X