Diabetes Tipe 2 Sebabkan Masalah Seksual, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:11 WIB
7 Gejala diabetes  semakin parah yang perlu diwaspadai. (Pixabay/Tumisu)
7 Gejala diabetes semakin parah yang perlu diwaspadai. (Pixabay/Tumisu)

AYOINDONESIA.COM -- Diabetes Tipe 2 seringkali tidak terdiagnosis. Bisa jadi, itu karena para pengidap tidak mengenali gejala penyekit ini.

Apalagi, ada beberapa gejala Diabetes Tipe 2 yang tidak biasa, termasuk napas manis dan bercak kulit gelap. Gangguan kulit sering terjadi pada diabetesi karena kadar gula darah tinggi. Ini dapat berdampak pada pembuluh darah dan saraf.

Dilansir dari Republika.co.id, Acanthosis nigricans (AN) merupakan kondisi yang lebih sering terlihat pada mereka sebelum didiagnosis. Ini ditandai dengan bercak gelap di kulit yang biasanya muncul di bagian belakang leher.

Dokter kosmetik yang bekerja dengan RegenLab, dr Julietta Gusarova, mengatakan acanthosis nigricans juga dapat ditemukan di berbagai bagian tubuh yang memiliki lipatan kulit. Acanthosis nigricans bisa timbul di telapak tangan, ketiak, atau selangkangan.

"Selain perubahan warna yang terlihat terkait dengan kelainan tersebut, beberapa orang mengatakan kulit mereka terasa lebih tebal," ujar dr Gusarova kepada The Sun, dikutip Selasa, 9 Agustus 2022.

Baca Juga: Begini Cara Download lagu di MP3 Juice dengan Mudah, Cepat , dan Gratis!

Acanthosis nigricans dapat diobati dengan menyentuh akar masalahnya, yaitu diabetes.

Neuropati diabetes

Diabetes dapat merusak saraf (neuropati), biasanya di kaki, hingga menyebabkan rasa kesemutan atau nyeri. Sekitar 10 hingga 20 persen orang yang didiagnosis menderita diabetes sudah mengalami kerusakan saraf terkait penyakit tersebut.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X