Dampak Negatif Paparan Sinar dari HP Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Penjelasannya!

- Kamis, 15 September 2022 | 09:55 WIB
Dampak Negatif Paparan Sinar dari HP Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Penjelasannya! (pixabay)
Dampak Negatif Paparan Sinar dari HP Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Penjelasannya! (pixabay)

AYOSURABAYA.COM - Sebuah penelitian menunjukkan, ternyata ada dampak negatif yang ditimbulkan dari paparan sinar HP yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Hal itu seperti yang dikemukakan oleh para ilmuwan, setelah mereka melakukan studi dengan menggunakan lalat buah sebagai subjek penelitian untuk mengetahui dampak dari paparan sinar biru yang dipancarkan HP.

Dr Jadwiga Giebultowicz, penulis utama laporan ini dan guru besar biologi integratif di Oregon State University, Amerika Serikat, menjelaskan, paparan sinar biru yang berlebihan dari berbagai peranti elektronik seperti televisi, laptop dan HP, bisa membawa dampak negatif terhadap sel-sel di tubuh kita, mulai dari sel kulit, sel lemak, hingga sel pada neuron sensorik.

Baca Juga: Harga Emas Antam Kamis 15 September 2022 Stagnan

Giebultowicz menjelaskan, penelitiannya menunjukkan, bahwa tingkat metabolit tertentu bahan kimia yang penting agar sel-sel berfungsi secara semestinya yang ada pada lalat buah mengalami perubahan setelah terpapar sinar biru.

Penelitian kami memperlihatkan, menghindari paparan sinar biru yang berlebihan mungkin saja adalah strategi efektif untuk anti-penuaan, ujar Giebultowicz.

Dalam penelitian ini, tim ilmuwan menemukan lalat-lalat buah yang terpapar sinar biru mengaktifkan gen-gen yang melindungi mereka dari stress.

Lalat-lalat buah yang berada di tempat gelap, yang tidak terpapar sinar biru, ternyata hidup lebih lama.

Baca Juga: Khutbah Jumat Paling Bagus, Singkat, dan Terbaru Bulan September 2022 dengan Tema Merenungi Akhirat

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X