Soal Es Teh Indonesia, Menkes Ingatkan Masyarakat Kurangi Konsumsi Gula Berlebihan

- Selasa, 27 September 2022 | 14:45 WIB
Ilustrasi. Bahaya gula secara tidak disadari bisa sebabkan kematian. (istimewa)
Ilustrasi. Bahaya gula secara tidak disadari bisa sebabkan kematian. (istimewa)

AYOSURABAYA.COM -- Baru-baru ini Es Teh Indonesia menjadi sorotan karena melayangkan somasi terhadap pelanggan. Produk minuman itu dianggap terlalu manis dan bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula. Karena minuman dengan kadar gula tinggi dapat menimbulkan dampak kesehatan yang besar dan serius, seperti diabetes.

"Kita mesti hati-hati karena kalau enggak nanti 5 sampai 10 tahun lagi orang Indonesia akan banyak yang kena penyakit penyakit turunan dari diabetes," kata Budi dikutip dari Republika.co.id, Selasa 27 September 2022.

Saat ini 13 persen penduduk Indonesia terkena diabetes. Bahkan para penderitanya tidak sedikit yang berasal dari kalangan muda.

"Jadi kalau saya bilang secara umum memang harus dikurangi, konsumsi gula. Rakyat indonesia tuh berlebihan minum gula in whatever way. Semua minuman, semua makanan yang banyak gulanya kita kurangi lah dari sekarang demi masa depan kita juga dan anak anak kita," sambung dia.

Baca Juga: Bacaan Sholawat Terlengkap dan Amalan untuk Maulid Nabi 2022

Mantan Wakil Menteri BUMN itu menerangkan, jika gula terus dikonsumsi, seseorang dapat menderita diabetes. Diabetes adalah mother of all diseases. Ia akan menyebabkan penyakit serius lain. Salah satunya adalah penyakit ginjal, stroke, jantung, dan penyakit tidak menular lain.

"Di beberapa negara seperti di Singapura, pemerintahnya sudah mati-matian mencegah agar diabetes ini prevalensinya atau insidennya itu menurun. Bayangin contohnya kalau kena ginjal kan harus sering cuci darah. Sudah pasti nggak produktif hidupnya," ujarnya.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Usman Sumantri mengatakan minuman dengan kadar gula tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan termasuk kerusakan gigi. Ia menerangkan, meski minuman berbentuk cairan, gula tetap saja bisa menempel pada gigi.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Kamagasaki: Kota yang Jadi Aib Negara Jepang

Minggu, 20 November 2022 | 13:53 WIB
X