Kapan Batas Qadha Puasa Ramadan? Ini Pandangan 4 Mazhab

- Senin, 5 April 2021 | 16:39 WIB
[Ilustrasi] Kapan Batas Qadha Puasa Ramadan? Ini Pandangan 4 Mazhab. (Ayobandung.com)
[Ilustrasi] Kapan Batas Qadha Puasa Ramadan? Ini Pandangan 4 Mazhab. (Ayobandung.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Kapan batas waktu melakukan puasa qhada untuk mengganti puasa Ramadan sebelumnya karena berhalangan? 4 mazhab dalam Islam memiliki pandangannya masing-masing.

Ramadan adalah bulan penuh ampunan. Ramadhan juga bulan suci umat Islam karena semua amal kebajikan yang dilakukan di bulan ini akan berlipat-lipat ganda pahalanya.

Pada bulan Ramadhan, umat Islam diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa, yakni tidak makan dan minum sepanjang hari, hingga tiba waktu berbuka puasa pada waktu Maghrib.

Bagaimana jika seseorang tidak dapat melakukan puasa ketika Ramadhan, maka dia diwajibkan meng-qadha puasanya. Kewajiban qadha ini diperintahkan Allah dalam Alquran:

"Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan, (kemudian tidak puasa), maka wajib menggantinya pada hari-hari yang lain," (QS. Al-Baqarah ayat 184)

Jadwal Lengkap Puasa Ramadan, Lebaran, dan Puasa Sunah 2021

Pertanyaannya adalah sampai kapan batas waktu qadha tersebut? Apakah boleh menunda qada puasa sampai kapan pun ataukah ada batasnya?

Dilansir dari buku Belum Qada Puasa Sudah Masuk Ramadhan Berikutnya karya Muhammad Aqil Haidar, masalah qadha puasa ulama telah berbeda pendapat mengenai batasan waktu qadha puasa. Ada yang mengatakan sampai kapan saja, ada pula yang membatasi tidak boleh lebih dari Ramadhan berikutnya.

Ada yang mengatakan sampai kapan saja, ada pula yang membatasi tidak boleh lebih dari Ramadhan berikutnya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X