3 Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

- Sabtu, 23 Januari 2021 | 17:22 WIB
[Ilustrasi] Baterai HP atau smartphone yang cepat habis disebabkan oleh sejumlah hal. (Pixabay)
[Ilustrasi] Baterai HP atau smartphone yang cepat habis disebabkan oleh sejumlah hal. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM Baterai HP atau smartphone yang cepat habis disebabkan oleh sejumlah hal, 3 di antaranya yakni karena layar, aplikasi dan layanan latar belakang, dan area dengan layanan buruk, seperti dilansir laman Android Authority.

1. Layar

Panel layar semakin berkembang dengan teknologi yang lebih cerah dan kedalaman warna lebih beragam, sekaligus menjadi salah satu alasan mengapa penggunaan baterai cepat habis.

Untuk memeriksa penggunaan baterai, buka Pengaturan > Baterai > ketuk tombol menu tiga titik di sudut kanan atas > ketuk Penggunaan Baterai > ketuk tombol menu tiga titik di sudut kanan atas > ketuk pada Tampilkan Penggunaan Perangkat Lengkap.

Dari menu tersebut, periksa jika layar menduduki peringkat teratas yang menggunakan lebih banyak daya baterai.

Untuk memperbaikinya terdapat beberapa cara, seperti menurunkan kecerahan layar, menggunakan kecerahan adaptif, kurangi waktu penguncian otomatis, dan menggunakan wallpaper berwarna gelap atau hitam.

2. Aplikasi dan layanan latar belakang

Ada banyak aplikasi yang menghabiskan lebih banyak baterai, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger karena jejaring komunikasi tersebut mencoba membuat pengguna agar tetap terhubung dengan koneksi.

Dengan kata lain, aplikasi terus beroperasi di latar belakang, menggunakan data, lokasi, hingga mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Y2mate : Download Video Youtube ke MP3 Gratis Terlengkap

Selasa, 27 September 2022 | 09:32 WIB

4 Rekomendasi Jenis Case Handphone yang Aman Digunakan

Sabtu, 24 September 2022 | 17:30 WIB
X