Ciri-ciri Payudara Beda Sebelah yang Tidak Normal

- Minggu, 7 Maret 2021 | 19:43 WIB
Ilustrasi. ( fsHH dari Pixabay )
Ilustrasi. ( fsHH dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Setiap kaum Hawa terlahir dengan satu pasang payudara di dada sisi kanan dan kiri. Walau keduanya terlihat sama, banyak wanita yang menyadari bahwa payudara mereka beda sebelah. Sebenarnya, normalkah bila bentuk payudara beda sebelah?

Antara sisi kanan dan kiri, bentuk payudara bisa berbeda, baik itu dari segi ukuran, bentuk dan diameter puting, posisi puting, atau tekstur kulitnya. Perbedaan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain bawaan lahir, kadar lemak tubuh, jumlah dan isi kelenjar susu, tingkat hormon, atau penyakit tertentu.

Bentuk Payudara Beda Sebelah Umumnya Normal
Payudara yang berbeda bentuk atau besar sebelah umumnya merupakan hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan, apalagi jika ini memang sudah terjadi sejak kecil dan tidak ada keluhan lain yang menyertainya.

Begitu juga dengan bentuk puting yang berbeda kiri dan kanan. Salah satu puting bisa saja datar atau melekuk ke dalam, sementara puting lainnya menonjol seperti pada umumnya.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ukuran dan bentuk payudara beda sebelah, antara lain faktor genetik, trauma pada payudara, perubahan hormon saat menstruasi atau hamil, hingga kebiasaan lebih banyak menyusui pada satu sisi saja.

AYO BACA : AHY Nyatakan Moeldoko Musuh Bersama

Selain itu, perbedaan payudara sebelah juga bisa disebabkan oleh kelainan perkembangan payudara pada saat pubertas, seperti:

  • Hypoplastic breasts atau payudara hipoplastik, yaitu ketika jaringan di payudara tidak berkembang sempurna selama masa pubertas
  • Juvenile hypertrophy, yaitu ketika salah satu payudara mengalami pertumbuhan yang jauh lebih cepat daripada sebelahnya

Meski begitu, umumnya kelainan ini tidak menyebabkan masalah dan tidak memerlukan pengobatan atau penanganan tertentu.

Ciri Payudara Beda Sebelah yang Tidak Normal
Jika perbedaan pada payudara terjadi secara tiba-tiba dan drastis, kamu perlu mencurigainya sebagai suatu kelainan. Ada beberapa ciri payudara beda sebelah yang perlu kamu waspadai, yaitu dalam hal:

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X