5 Kelompok Wanita yang Dilarang Minum Pil KB

- Selasa, 20 April 2021 | 15:36 WIB
Ilustrasi - Lima kelompok wanita yang dilarang meminum pil KB. (Gabriela Sanda dari Pixabay )
Ilustrasi - Lima kelompok wanita yang dilarang meminum pil KB. (Gabriela Sanda dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Sedikitnya ada lima kelompok wanita yang dilarang meminum pil KB.

Mengutip alodokter.com. Meski pil KB praktis digunakan, murah, dan efektif dalam mencegah kehamilan, tidak semua wanita bisa mengonsumsinya, lho. Alih-alih mendatangkan manfaat, pil KB justu berdampak buruk terhadap kesehatan. Agar terhindar dari risiko tersebut, yuk, ketahui kelompok wanita yang tidak boleh minum pil KB.

Pil KB ada yang berisi gabungan antara hormon estrogen dan progesteron, ada pula yang hanya mengandung hormon progesteron. Pil KB mampu mencegah atau menunda kehamilan hingga 99% jika dikonsumsi secara benar.

5 Kelompok Wanita yang Tidak Boleh Minum Pil KB

Meski memiliki banyak keunggulan, tidak semua wanita bisa mengonsumsi pil KB. Alasannya beragam. Selain tidak cocok, konsumsi pil KB juga mungkin untuk menimbulkan gangguan kesehatan.

Berikut adalah kondisi pada wanita yang tidak boleh minum pil KB:
1. Perokok yang berusia lebih dari 35 tahun
Wanita yang berusia lebih dari 35 tahun dan memiliki kebiasaan merokok tidak dianjurkan untuk mengonsumsi pil KB. Alasannya karena ada beberapa efek samping yang mengintai, seperti peningkatan tekanan darah dan risiko terjadinya pembekuan darah.

AYO BACA : Peserta Prakerja Gelombang 15 Masih Bisa Dicoret dan Dialihkan ke Gelombang 17

Efek samping ini tentu tidak bisa disepelekan karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti hipertensi, penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

2. Memiliki gangguan pembekuan darah
Kandungan estrogen dalam pil KB dapat menyebabkan efek samping berupa darah kental atau mudah membeku. Riset menunjukkan bahwa wanita yang minum pil KB berpeluang 2 hingga 6 kali lipat untuk mengalami darah kental dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Risiko untuk mengalami pembekuan darah akan semakin meningkat jika pengguna pil KB memiliki riwayat penyakit pembekuan darah spontan, seperti stroke iskemik, DVT, atau emboli.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Ramalan Zodiak Kesehatan Sabtu 6 Agustus 2022

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X