Penderita Diabetes Rawan Covid-19, Ini Kadar Gula Darah Normal Wanita & Pria yang Wajib Dikontrol

- Senin, 31 Mei 2021 | 17:47 WIB
Ini Kadar Gula Darah Normal Wanita & Pria yang Wajib Dikontrol  agar risiko terkena Covid-19 rendah. (Pixabay)
Ini Kadar Gula Darah Normal Wanita & Pria yang Wajib Dikontrol agar risiko terkena Covid-19 rendah. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Penderita diabetes rawan terkena Covid-19 sehingga kadar gula darah normal wanita dan pria harus dijaga agar tidak tinggi.

Selain diabetes, ada beberapa penyakit yang membuat penderitanya rawan terjangkit Covid-19.

Mengutip Alodokter, berikut ini 5 penyakit yang rawan terkena Covid-19:

1. Diabetes

Diabetes yang tidak segera diobati dan tidak dikontrol akan membuat daya tahan tubuh lemah dan merusak organ-organ tubuh. Hal ini yang membuat penderita diabetes lebih rentan terkena corona dan komplikasi fatal akibat infeksi virus tersebut.

Selain itu, infeksi virus Corona juga terlihat dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi berbahaya dari penyakit diabetes, seperti ketoasidosis diabetik dan sepsis. Berbagai komplikasi diabetes tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kematian akibat corona pada penderita diabetes.

2. Penyakit ginjal

Infeksi virus Corona paling banyak menyerang saluran pernapasan, tetapi virus ini juga bisa merusak organ tubuh lainnya, termasuk ginjal.

Beberapa laporan telah menyebutkan bahwa ada sebagian penderita Covid-19 yang mengalami gagal ginjal akut, padahal mereka tidak memiliki riwayat penyakit ginjal.

Selain itu, infeksi virus Corona juga diketahui lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki penyakit ginjal kronis, rutin menjalani prosedur cuci darah, atau pernah menjalani operasi transplantasi ginjal.

5 Buah yang Harus Dihindari agar Gula Darah Normal

3. Penyakit kardiovaskular

Penderita penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, dan hipertensi, umumnya memiliki kondisi jantung yang kurang baik dan sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Hal ini membuat para penderita penyakit tersebut rentan menderita Covid-19 dengan gejala yang lebih berat.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Link Nonton Drakor The Law Cafe Episode 5 Sub Indonesia

Senin, 19 September 2022 | 16:17 WIB
X