Milenial dan Ibu Rumah Tangga Jadi Incaran Korban Pinjaman Online

- Rabu, 29 September 2021 | 10:55 WIB
Ilustrasi uang.  ( Mufid Majnun on Unsplash)
Ilustrasi uang. ( Mufid Majnun on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap fakta menarik bahwa milenial dan ibu rumah tangga menjadi sasaran utama pinjaman online dalam menjerat utang.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh OJK Regional 6 Sulawesi Maluku Papua (Sulampua). Oleh sebab itu OJK menutup ribuan fintech dan investasi ilegal selama tahun 2021.

Deputi Direktur Managemen Strategis Edukasi dan Perlindungan Konsumen serta Kemitraan Pemerintah Daerah OJK Regional 6, Sulampua Bondan Kusuma mengatakan maraknya digitalisasi membuat praktek penipuan berkedok pinjol dan investasi.

Baca Juga: Sungguh Beruntung, Pemuda ini Dapat Tiket Penting Usai Ngobrol Bareng Jokowi

Sebagian besar modus yakni beberapa oknum ini menggunakan publik figur untuk meyakinkan masyarakat. Kemudian, mereka biasanya menawarkan bonus besar atas dasar perekrutan.

"Kadang mereka menawarkan melalui webisite yang tidak jelas siapa penanggungjawabnya. Sudah banyak kita tutup, tapi tetap muncul. Mereka berganti baju, tapi niatnya sama saja untuk menipu masyarakat," ujar Bondan dikutip dari Suara.com--jaringan Ayosurabaya.com, Rabu, (29/9/21).

Ia menambahkan korban investasi ilegal ini paling banyak didominasi kalangan milenial. Sebab, keinginan kalangan ini dalam berinvestasi sangat tinggi.

Baca Juga: Ini Alasan Amanda Manopo Membangun 2 Masjid Megah

Hingga Juni 2021, OJK mencatat sudah menutup sebanyak 3.365 fintech landing ilegal dan 1096 entitas yang menawarkan investasi ilegal yang telah tercatat di dalam investor portal.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X