Gubernur Khofifah Ingin Pembersihan Material Lumpur Banjir Kota Batu Dipercepat

- Jumat, 5 November 2021 | 18:09 WIB
Gubernur Khofifah Ingin Pembersihan Material Lumpur Banjir Kota Batu Dipercepat Sumber Foto : Instagram @Khofifah.ip
Gubernur Khofifah Ingin Pembersihan Material Lumpur Banjir Kota Batu Dipercepat Sumber Foto : Instagram @Khofifah.ip

BATU, AYOSURABAYA.COM -- Sejumlah pihak dan instansi pemerintahan berupaya melakukan evakuasi korban luka, jiwa, dan terdampak banjir bandang di Kota Batu. Bahkan, Forkopimda Jatim telah melakukan langkah antisipatif dengan menerjunkan sejumlah bantuan.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dibutuhkan peralatan khusus untuk mempercepat proses evakuasi korban dan material pada permukaan yang telah tertutup lumpur. Mengingat, banjir bandang menyisakan lumpur yang cukup tebal dan mempersulit proses evakuasi.

Khofifah lantas meminta untuk menerjunkan tim yang dilengkapi dengan anjing pelacak. Ia menilai, hak itu dianggap efektif untuk mengetahui letak atau keberadaan korban yang tertimbun lumpur.

Baca Juga: Korban Tewas Banjir Bandang Kota Batu Bertambah dari 2 Menjadi 6, Ini Daftar Namanya

"Supaya bisa mengidentifikasi titik-titik korban yang belum ditemukan, memang membutuhkan bantuan anjing pelacak," kata Khofifah, Jumat (5/11/2021).

Ihwal proses rehabilitasi dan rekonstruksi, Khofifah mengungkapkan, pihaknya hendak berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan Pemkot Batu. Sebab, bagian dari aliran anak sungai Brantas masih terdampak aliran banjir.

"Kami akan menyiapkan sand bag dan bronjong sesuai kebutuhan. Kami (Forkopimda) sudah membahas kaitan rekonstruksi secara permanen maupun darurat," ujarnya.

Baca Juga: BNPB Klarifikasi 28 Orang Hilang saat Banjir di Luwu Sulawesi

Berdasarkan prediksi dari BMKG, akan ada hujan susulan. Kendati, curah hujan belum diketahui secara detil, pun dengan besaran wilayahnya.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Ayosurabaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X