Sidang Perdana Wali Kota Batu Nonaktif Eddy Rumpoko Soal Gratifikasi Rp 46 Miliar

- Selasa, 9 November 2021 | 18:43 WIB
Suasana sidang perdana Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko di PN Tipikor Surabaya secara virtual, Selasa (9/11/2021). (Ayosurabaya.com/Praditya Fauzi Rahman)
Suasana sidang perdana Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko di PN Tipikor Surabaya secara virtual, Selasa (9/11/2021). (Ayosurabaya.com/Praditya Fauzi Rahman)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Wali Kota Batu nonaktif, Eddy Rumpoko menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Surabaya di Sedati, Sidoarjo pada Selasa (9/11/2021) siang hingga sore ini.

Sidang perdana tersebut beragendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ronald Worotikan dan Ketua Majelis Hakim, Johanis Hehamony. Dalam dakwaan, ada nama Walikota Batu saat ini, Dewanti Rumpoko yang disebut dalam persidangan perihal perkara gratifikasi senilai Rp 46 miliar.

Dalam fakta persidangan, JPU KPK, Ronald Worotikan mengatakan, ada sejumlah nama yang disebut dalam dakwaan berpeluang dihadirkan menjadi saksi pada sidang mendatang. Setidaknya, ada sekitar 50 orang saksi dalam perkara tersebut.

Baca Juga: Gratis! Live Streaming Persis Solo vs Persijap Jepara

Terdakwa sempat menjelaskan jika dirinya tak lagi didampingi kuasa hukum. Sebab, mengundurkan diri.

Lalu, ia meminta waktu sekitar 1 pekan untuk menunjuk kuasa hukum baru. Mengingat, ia didakwa menerima gratifikasi senilai Rp.46.873.231.400,00 dari para pengusaha yang mengajukan izin, mau pun rekanan yang mendapat proyek di Kota Batu selama 10 tahun memimpin Kota Batu.

"Kita lihat lagi (dalam sidang yang akan datang), perlu dipanggil atau tidak," kata Ronald, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: 3 Pahlawan Wanita Indonesia yang Paling Berpengaruh, Menginspirasi Sekaligus Pendobrak Zaman

Ketika disinggung perihal nama Dewanti Rumpoko, pihaknya mengaku hendak mengusulkan juga. Sebab, nama istri mantan Wali Kota Batu itu ada dalam dakwaan.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Ayosurabaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X