Selama PPKM Level 3, Pembukaan Tempat Wisata di Jatim Mengacu Imendagri Terbaru

- Jumat, 3 Desember 2021 | 16:05 WIB
Pantai Jonggring Saloko (Ady Junaidy)
Pantai Jonggring Saloko (Ady Junaidy)

 

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah berencana menerapkan kembali kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Indonesia.

Lalu, bagaimana nasib para pelaku usaha di dunia pariwisata di Jatim?

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur, Sinarto, mengatakan untuk akses lalu lintas tetap dibuka seperti biasa. Hanya saja, ada kesepakatan tertentu ihwal pembukaan dan penutupan jalur lintas kota atau provinsi se-Jatim.

Baca Juga: Kalahkan Pasangan Malaysia, Greysia/Apriyani Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2021

"Kalau level 2 di buka dari Probolinggo buka, kalau Malang pas PPKM level 3 ditutup, itu kesepakatan (antar instansi), sangat-sangat bagus koordinasinya," kata Sinarto Jumat (3/12/2021).

Sinarto menjelaskan serangkaian mekanisme dan alur operasional pariwisata di Jatim sudah dipersiapkan. Menurutnya, penerapannya nanti masih mengacu pada Inmendagri teranyar. 

"Kan 4 kabupaten, kalau salah satunya ada yang level 3, ya yang 3 ditutup, lewat yang 2, sepakat begitu, dan itu bagus karena KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) sangat serius untuk mengikuti Inmendagri," ujarnya.

Baca Juga: Apindo Angkat Bicara soal Penetapan UMP dan UMK se-Jatim

Selain itu, ia menyatakan bahwa penginapan atau hotel dipersilakan membuka pesanan meski PPKM Level 3 diterapkan kembali. Asal, tetap menerapkan prokes Covid-19 secara ketat.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X