Petugas Selamatkan Dua Ibu Hamil Tua Pengungsi Letusan Gunung Semeru

- Minggu, 5 Desember 2021 | 08:04 WIB
Foto Gunung Semeru Erupsi yang beredar dj media sosial.
Foto Gunung Semeru Erupsi yang beredar dj media sosial.

LUMAJANG, AYOSURABAYA.COM - Puluhan warga terluka akibat erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang pada Sabtu (4/12/2021) malam. Total, ada 41 warga yang dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit setempat.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar mengatakan, selain terluka, ada juga puluhan orang yang dilaporkan hilang. Ia menyebut, tim gabungan masih mencari 10 orang yang dilaporkan hilang itu.

Untuk korban selamat atau terluka, juga ada yang masih anak-anak. Selain itu, ada juga korban selamat yang sedang mengandung atau hamil.

Baca Juga: 9 Obyek Wisata dengan Pemandangan Alam Menakjubkan di Sepanjang Rute Menuju Gunung Semeru selain Ranu Kumbolo

"Ada ibu hamil 2 orang (usia 9 bulan dan 8 bulan)," kata Indah, Sabtu (4/12/2021).

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim, Budi Santosa mewanti-wanti agar masyarakat yang sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru segera mengevakuasi diri ke wilayah yang lebih aman. Sebab, pascaerupsi, guguran material letusan Semeru disertai awan panas 'menyerang' Curah Kobokan, Kabupaten Lumajang.

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Saat kejadian, warga melihat dan mengabadikan momen Semeru memuntahkan guguran awan panas sejak pukul 15.00 WIB.

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X