Akibat Letusan Gunung Semeru, Sinyal Ponsel di Sekitar Lokasi Terganggu

- Minggu, 5 Desember 2021 | 16:50 WIB
Foto Gunung Semeru Erupsi yang beredar dj media sosial.
Foto Gunung Semeru Erupsi yang beredar dj media sosial.

LUMAJANG, AYOSURABAYA.COM - Letusan Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) sore menyebabkan layanan komunikasi di sekitar lokasi erupsi terdampak. Akibatnya warga dan petugas mengeluhkan susahnya sinyal sehingga komunikasi terganggu.

Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa-Bali, Erwien Kusumawan, menyebutkan ada 10 site yang terdampak erupsi. Seluruhmya berada di sekitar Gunung Semeru.

Kendati begitu, ia memastikan bila komunikasi telepon, layanan pesan singkat atau SMS, hingga data internet masih tetap berjalan meski terkadang 'lemot'.

Baca Juga: Petugas Selamatkan Dua Ibu Hamil Tua Pengungsi Letusan Gunung Semeru

"Kami akan terus memantau kondisi korban Semeru untuk memastikan bantuan CSR yang akan kami berikan kepada masyarakat terdampak," kata Erwien, Minggu (5/12/2021).

Erwien menyatakan, hingga kini jaringan dan komunikasi Telkomsel sudah bisa dipergunakan. Kini, pihaknya memberikan cover site tambahan di sekitar Gunung Semeru agar jaringan kian stabil dan maksimal.

Sementara itu, Corporate Communication XL Axiata East Region, Ibnu Syahban mengatakan, ada 3 menara Base Transceiver Station (BTS) milik perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata (Tbk) yang terdampak. Sejak Sabtu (4/12/2021) malam kemarin, 3 BTS yang terdampak itu mengalami kendala.

Baca Juga: 9 Obyek Wisata dengan Pemandangan Alam Menakjubkan di Sepanjang Rute Menuju Gunung Semeru selain Ranu Kumbolo

Ibnu menjelaskan, 3 BTS itu terletak di wilayah paling dekat dengan lokasi bencana, tepatnya di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Penyebabnya, pasokan listrik yang terputus, juga membuat 3 BTS itu tak bisa berjalan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X