Jalur Penerbangan Dipastikan Aman setelah Letusan Gunung Semeru

- Senin, 6 Desember 2021 | 06:56 WIB
Ilustrasi penerbangan.  ( Josue Isai Ramos Figueroa on Unsplash.)
Ilustrasi penerbangan. ( Josue Isai Ramos Figueroa on Unsplash.)

LUMAJANG, AYOSURABAYA.COM -- BMKG memastikan jalur penerbangan aman dan tidak terganggu akibat letusan Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Kepala Pusat Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan, mengatakan berdasarkan hasil monitor sebaran abu vulkanik, di beberapa bandara sekitar tidak ditemukan adanya abu yang dapat membahayakan penerbangan.

"Kami sudah tidak mengeluarkan warning di jalur penerbangan karena aktivitas vulkanik terhenti," ujar Edison dalam konferensi pers secara virtual, Minggu 5 Desember 2021.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sekitar Gunung Semeru, Potensi Hujan Lebat Hingga 3 Hari Mendatang

Pun dengan pengamatan sebaran abu vulkanik menggunakan LIDAR yang tidak ditemukan sebaran abu yang dapat mengganggu penerbangan.

"Untuk penerbangan sampai sekarang normal. Bahkan dengan kondisi sekarang bisa membantu proses layanan transportasi penerbangan, baik pengiriman logistik maupun lainnya," katanya.

Namun demikian, pihaknya tetap akan melakukan monitoring dan pengamatan sebaran abu vulkanik juga aktivitas erupsi gunung semeru.

Baca Juga: Korban Tewas Letusan Gunung Semeru Bertambah 8 pada Minggu Sore

Apabila terjadi peningkatan aktvitas vulkanik dan mengganggu jalur penerbangan, pihaknya akan langsung memberikan peringatan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X