Amerika Serikat Sebut Indonesia Salah Satu dari 21 Negara Risiko Rendah Penularan Covid-19

- Rabu, 8 Desember 2021 | 16:24 WIB
Presiden Jokowi memantau kegiatan vaksinasi Covid-19. (Instagram/Jokowi)
Presiden Jokowi memantau kegiatan vaksinasi Covid-19. (Instagram/Jokowi)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengungkapkan Indonesia termasuk negara dengan risiko penularan Covid-19 yang rendah, yakni dengan risiko penularan Level 1.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Rabu (8/12), hal tersebut diketahui setelah CDC merilis rekomendasi tujuan perjalanan berdasarkan tingkat risiko Covid-19. Dalam rekomendasinya, CDC membagi lima level risiko, yakni Level 4 hingga Level 1, dan Level Tidak Diketahui.

Indonesia masuk kategori Level 1 yang merupakan kategori rendah. Pelaku perjalanan yang ingin berkunjung ke negara-negara yang masuk kategori risiko rendah direkomendasikan tetap harus sudah vaksinasi lengkap sebelum bepergian.

Baca Juga: Link Video Call Siskaeee dengan Gofar Hilman, Akui Pernah Berhubungan dengan Pejabat

Selain Indonesia, ada 42 negara lainnya yang masuk kategori Level 1 yakni Bangladesh, Benin, Bhutan, Kepulauan Virgin Inggris, Chad, Cina, Komoro, Pantai Gading, Republik Demokrasi Kongo, Djibouti, Kepulauan Falkland, Gambia, Ghana, Guinea, SAR Hong Kong, India, Jepang, Kenya, Kosovo, Kuwait, Kirgistan, Liberia, Montserrat, Maroko, Nigeria, Oman, Pakistan, Paraguay, Rwanda, Saba, Saint Barthelemy, Saint Pierre dan Miquelon, Senegal, Sierra Leone, Sint Eustatius, Sudan, Taiwan, Timor-Leste (Timor Timur), Togo, Uganda, Uni Emirat Arab, dan Zambia.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan rekomendasi CDC merupakan kabar baik bagi pemerintah maupun masyarakat Indonesia. Hal ini menandakan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia telah berada pada jalur yang tepat.

Baca Juga: Konten Syur Siskaeee: 2000-an Video, 3700-an Photo, Total 750 Gigabyte

"Rekomendasi CDC merupakan kabar baik bagi kita semua. Penanganan pandemi Covid-19 terus menunjukkan progress yang semakin membaik," ujar Nadia dikutip Ayoindonesia.com dari keterangan resmi, Rabu (8/12/2021).

Meskipun Indonesia berada pada kategori negara berisiko rendah, Nadia berharap masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X